Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
ciprofloxacin generic price buy cipro online canada
If you’re looking for a sexually attractive and life-like
doll to play with, you must to find a realistic one. Life-size Sexdolls for men are incredibly adorable and easy
to clean. You can pick from a blonde, redhead or Latino sexdoll.
deep web drug url dark market url
darkmarket dark web drug marketplace
darknet drug links tor market links
Appreciate it! This a impressive webpage!
link
dark market list darknet site
I do agree with all the concepts you have introduced in your post.
They’re really convincing and can certainly work.
Nonetheless, the posts are too brief for novices.
May you please lengthen them a bit from subsequent time?
Thank you for the post.
My partner and I stumbled over here coming from a different web page and thought I may as well check
things out. I like what I see so now i am following you.
Look forward to checking out your web page again.
Here is my page 花蓮包車ptt
If you’re looking to experience the ultimate in sexual pleasure,
it is important to choose the right Male Masturbator for
your requirements. The top models will give you realistic results that last for many years.
Hello there! I could have sworn I’ve been to this blog
before but after reading through some of the post I realized it’s new to me.
Anyways, I’m definitely happy I found it and I’ll be book-marking and checking back often!
my site :: Prediksi togel cambodia
Great post.
An impressive share! I have just forwarded this onto a friend who has been doing
a little research on this. And he in fact bought me lunch due to the fact that I discovered it for him…
lol. So let me reword this…. Thank YOU for the meal!!
But yeah, thanks for spending time to discuss this
issue here on your internet site.
Totosaiteu are the symbols on the top of the deck that
the dealer considers to be part of the cards.
One set of these symbols can yield huge winnings. You can play with as little as one card.
Take a look at my web page 먹튀검증
drug markets dark web darkmarket link
Does your blog have a contact page? I’m having problems locating it but,
I’d like to send you an e-mail. I’ve got some recommendations for your blog you might be
interested in hearing. Either way, great website and I look forward
to seeing it improve over time.
darknet drug market darkmarket url
neurontin buy from canada neurontin 2018
Online gambling has grown in popularity in the past decade.
In 1996, there were only fifteen websites. In 1997, there were more than 200.
According to Frost & Sullivan, online gambling had generated $830 million in revenue in 1998.
my page: gaming
https://diflucan.icu/# generic diflucan prices
sildenafil citrate tablets 100 mg sildenafil citrate cost at walmart
Teen Girls Pussy Pics. Hot galleries
http://phone6t.miyuhot.com/?alana
outdoor porn movie clips hot hard core porn ixxx porn bunny loony toons porn free steaming porn videos
neurontin prescription medication neurontin 100mg capsule price
The probabilities of winning the lottery arre exceedingly remote,
but that doesn’t cease persons from playing.
Visit my web-site; Have a peek at this website
tor markets tor markets