Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Whoeveer owns the will split the grand prize, which has not been won considering the faxt that October.
Also visjt my blog post :: Visit this page
darknet drug market darknet market links
I have been browsing online more than 4 hours today, yet I
never found any interesting article like
yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all web
owners and bloggers made good content as you did,
the web will be much more useful than ever before.
This excellent website definitely has all the information and facts
I wanted concerning this subject and didn’t know who to ask.
[url=https://erectionpills.best/#]pills for erection[/url] male erection pills
Acquire your POWERBALL tickets in advance for 1,two,4,6,eight,ten,12,14,16,18, and 20 consecutive draws.
Here is my page :: Find more info
dark web markets deep web drug links
Here are some tips to consider buying totosaiteu Chucheon. Firstly, make
sure that you purchase only products which are guaranteed
to be authentic. Be careful not to be enticed by promotional offers.
These are typically made from cheap materials.
Also visit my website: 토토 (솔빛터.com)
[url=https://gabapentin.icu/#]neurontin brand coupon[/url] cost of neurontin 600 mg
https://benddaotokens.com/
[url=http://extratimetalk.com/author/motizemagmeo/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™[/url]
[url=http://mandyagbajama.com/author/wordthellirigh/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™[/url]
[url=http://orsoya.com/author/dvorabapsvil/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™ Ч‘ЧђЧ™ЧњЧЄ[/url]
[url=http://thesidelinereport.com/author/aragprogan/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™[/url]
[url=http://moko.id/author/elinorop/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™ Ч‘ЧђЧ™ЧњЧЄ[/url]
cbd flower Shop flowers are available in a broad range of brands.
They can be used to treat a range of ailments and aid in helping you relax.
You can buy CBD flowers to help relieve stress, anxiety as well
as inflammation and an imbalanced appetite.
I’ve been exploring for a bit for any high quality articles or weblog
posts on this kind of space . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this
site. Reading this information So i’m happy to express that I’ve a very good uncanny feeling I discovered just what I
needed. I most no doubt will make sure to
don?t put out of your mind this web site and provides it a look on a relentless basis.