Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Fantastic info. Thanks a lot! https://canadapharmacies-24h.com/
pain medications without a prescription prescription drugs online without doctor
[url=https://algorithms-aviator-game-ru.space]aviator игра[/url]
Авиатор юкер на деньги, каковая сразила тысячи игроков. Ваша ставка умножается ут миллиона раз.
авиатор игра
Info very well regarded.. discount drugs online [url=https://canadianpharmacies-24h.com/#]online pharmacy no prescription necessary[/url] discount canadian pharmacy https://canadianpharmacies-24h.com/
Its like you read my mind! You seem to know a lot about this, like you wrote the book in it or
something. I think that you could do with a few pics to drive the message home a little bit, but other than that, this is wonderful blog.
A great read. I’ll certainly be back.
Does your site have a contact page? I’m having trouble locating it but, I’d like to shoot you an email.
I’ve got some recommendations for your blog you
might be interested in hearing. Either way, great site and I look
forward to seeing it expand over time.
Sonunda beklenen sweet bonanza nasıl oynanır sorusunun cevabına geldik. Sweet bonanza nasıl oynanır sorusunu tek cümlede anlatmak mümkün değil. Çünkü oyun basit olduğu kadar aynı zamanda içinde farklı varyasyonları da barındırıyor. Sweet bonanza oyunu 6×5’lik bir dikdörtgen üzerinde toplamda 30 karelik bir alandan oluşuyor. Bu karelerin her birinde bir meyve veya şeker yer alır. Bahisçiler oyuna başlamadan önce bahis miktarlarını seçerler. Bu miktar siteden siteye değişse de genel olarak 0,2100 TL arasındadır. Seçilen bahis miktarından sonra oynama şekli seçilir.
Great information. Thanks a lot! [url=https://canadapharmacies-24h.com/#]reputable online pharmacy[/url] legitimate online pharmacy usa https://canadapharmacies-24h.com/
мачтовый подъемник
[url=https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru]https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru[/url]
Medication information. What side effects can this medication cause?
celebrex tablets in the USA
Everything what you want to know about drug. Read now.
Hello everyone, it’s my first pay a visit at this web site, and article is truly fruitful in support of me, keep up posting
such posts.
Regards! I enjoy this. [url=https://canadapharmacies-24h.com/#]canadian medicine[/url] canada pharmacies top best https://canadapharmacies-24h.com/
Valuable advice. Appreciate it! [url=https://canadapharmacies-24h.com/#]best online international pharmacies[/url] non prescription on line pharmacies https://canadapharmacies-24h.com/
Really a lot of helpful material! https://canadapharmacies-24h.com/
Unquestionably believe that which you said.
Your favorite justification seemed to be on the internet the simplest thing
to be aware of. I say to you, I certainly get annoyed while
people think about worries that they plainly do not know about.
You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having side-effects , people
could take a signal. Will likely be back to get more.
Thanks
https://usnd.to/lqEL
us casinos online
[url=”https://ownonlinecasino.com”]slotos[/url]
real money online casino
Poker is legal online. However it is important to ensure that you are
legal age. Poker sites online require that players
are at minimum 18 years old before they can play.
Here is my blog post: dealers