Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
мачтовый подъемник
[url=https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru]https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru[/url]
Thanks a lot! Great stuff! online pharmacies legitimate [url=https://canadianpharmacies-24h.com/#]canadian prescriptions[/url] meds online without doctor prescription https://canadianpharmacies-24h.com/
Superb information. Thanks! [url=https://canadapharmacies-24h.com/#]online pharmacies canadian[/url] canadian drug stores https://canadapharmacies-24h.com/
Thanks on your marvelous posting! I seriously enjoyed
reading it, you happen to be a great author. I will make certain to bookmark your blog and definitely will come back sometime soon. I want to
encourage that you continue your great writing, have a nice afternoon!
Мы профессиональная команда, которая на рынке работает уже более 5 лет.
У нас лучший товар, который вы когда-либо пробовали!
Купить запрещенные вещества, более 5 000 наименований на OMG
______________
Наши контакты :
[url=https://drugsup.xyz]Сортовая марихуана купить омг онион [/url]
[url=https://omgomgomg5j4yrr4mjdv3h5c5xfvxtqqs2in7smi65mjps7wvkmqntqd.com]Омг ссылка как купить марихуану в вене [/url]
[url=https://darktodrug.site]Darknet•сайт•омг•тольятти [/url]
^ ^ ^ ^ ^
_______________
ВНИМАНИЕ! ВАЖНО!
Переходите только по ССЫЛКЕ что ВЫШЕ или НИЖЕ (РАЗНЫЕ РАБОЧИЕ ЗЕРКАЛА), ОСТЕРЕГАЙТЕСЬ МОШЕННИКОВ!!!
[url=https://omgomgomg5j4yrr4mjdv3h5c5xfvxtqqs2in7si65mjps7wvkmqmtqd.vip]Ссылка омг как купить марихуану на пхукете [/url]
[url=https://drugtordark.xyz]Ссылка•на•сайт•гидры•форум•уфа [/url]
[url=https://darktordrug.xyz]Омг онион купить семена марихуаны киеве [/url]
Great beat ! I wish to apprentice whilst you amend your site, how can i subscribe for a blog site?
The account aided me a acceptable deal. I have been a little bit familiar of this your broadcast offered vivid transparent concept
Howdy excellent website! Does running a blog like this take a
large amount of work? I’ve absolutely no expertise in programming however I was
hoping to start my own blog soon. Anyways, should you have any ideas
or techniques for new blog owners please share. I understand this is off topic nevertheless I just wanted to ask.
Thank you!
my web page – D8 Thc Gummies
https://medrxfast.com/# how to get prescription drugs without doctor
[url=https://medrxfast.com/#]prescription drugs without doctor approval[/url] pain meds online without doctor prescription
Wonderful advice. Thanks! ed drugs online [url=https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/]best mexican online pharmacies[/url] drugs without a doctor s prescription https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/
It is legal to play online poker however, you must ensure that
you’re legally able to play. The majority of poker sites
require players to be 18 years old or at least the legal drinking age in your state.
My web-site Betting (Sg-Atlantis.Fr1.Co)