Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
darkmarkets darknet websites
darknet site darknet sites
dark market onion darknet websites
tor market links darkmarket link
dark markets 2022 tor marketplace
dark markets darknet market links
onion market darknet sites
tor dark web tor darknet
dark websites dark web link
how much is metformin 500 mg metformin 825 mg
The UK has strict regulations for electrical home installation. Each Electrical Installation Condition Report Near Me project within a house must be approved by the
local authority.
dark market list dark market
UPVC windows are difficult to maintain. Clean your windows made of UPVC using an easy cloth and
soapy water to keep them looking brand new. You can also
apply rust-resistant oil to the frame.
Here is my blog post window repairs Near me
lasix lasix generic name
tor market links bitcoin dark web
Right away I am going to do my breakfast, afterward having my breakfast
coming again to read additional news.
Here is my site; Situs Slot
darkmarkets deep web drug links
generic tadalafil from canada tadalafil soft
darknet drug market tor darknet
dark web links darknet drug market
drug markets dark web darknet sites
[url=https://footballnaya-forma-liverpool.ru]футбольная форма фк ливерпуль[/url]
[url=https://footballnaya-forma-liverpool.ru/]http://www.footballnaya-forma-liverpool.ru/[/url]
[url=https://google.nr/url?q=http://footballnaya-forma-liverpool.ru]https://google.ca/url?q=http://footballnaya-forma-liverpool.ru[/url]
daftar slot Online pulsa is
an extremely popular method of depositing money on a gambling site.
The deposit pulsa has become popular because it is easy
to use. There are a variety of deposit options available on slot
pulsa websites.
A Penis enlarger enlargers pump near my home could be an ideal option for
you if have tried everything to treat your erectile disorder.
These non-medical options are easy to use and fairly affordable.
tamoxifen alternatives tamoxifen moa
It isn’t easy to find the most reliable electricians in your area.
The best way to avoid being ripped off is to hire a company
that is specialized in this area.
Also visit my page; electrical installation companies
ivermectin from india online pharmacy stromectol
darkmarkets dark web market
Your style is so unique compared to other people I
have read stuff from. Many thanks for posting when you have
the opportunity, Guess I’ll just book mark this blog.
Thank you a lot for sharing this with all people you actually realize
what you are talking approximately! Bookmarked.
Kindly also visit my site =). We may have a hyperlink change arrangement between us
furosemide 100 mg lasix 100 mg
deep web drug url darknet drug market
treatment for adhd In adults uk is a condition that is chronic in which a person’s attention and impulse
control are affected. The symptoms of ADHD are persistent and may not improve with time.
Many adults have difficulty concentrating on work due to.