Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted
to say that I’ve really loved browsing your blog posts.
In any case I’ll be subscribing to your rss feed and I’m hoping you write once more
very soon!
%%
My homepage – french doors luton
Sexy teen photo galleries
http://stacylordsporn.teenauntporn.adablog69.com/?mara
adult porn sex free free porn games hentai jap granny porn cumshot porn tubes strip club vids porn
Wе’re a group of olunteers and opening a brand new scxheme in our community.
Your website offered us with uѕeful info to work օn.
You’ve performeԀ a formidable activity and our emtire group shall be thankᥙl to you.
Here is my web pɑge; cctv drain survey bracknell
%%
My homepage; triple sleeper bed (Alycia)
https://medrxfast.com/# buy prescription drugs online without
There are many reasons to consider betting (Magnolia) on sports,
from the opportunity to make money to the fact that it brings excitement and a reason to look forward to the overall
experience.
It’s wonderful that you are getting thoughts
from this piece of writing as well as from our dialogue made here.
Also visit my web page; Cosplay Costumes Anime
There are many reasons to engage in sports betting, from the potential to earn a
profit to the fact that it provides excitement and something to look forward to
the overall experience.
Take a look at my webpage: online
%%
Feel free to visit my web-site: Electrician near me emergency
Heya! I understand this is somewhat off-topic however I needed to
ask. Does operating a well-established website such
as yours take a lot of work? I’m completely new to operating a blog however I do write in my journal
every day. I’d like to start a blog so I will be able to share my personal experience and views online.
Please let me know if you have any ideas or tips for new aspiring bloggers.
Appreciate it!
It’s truly a nice and helpful piece of info. I’m glad that
you shared this useful info with us. Please keep us up to date like this.
Thank you for sharing.
cat antibiotics without pet prescription canadian online pharmacy
canadian online drugstore mexican pharmacy without prescription
Having read this I believed it was ver informative. I appreciate you finding the time and energy
to put this article together. I once again find myself personally spending a lot of time both reading and leaving comments.
But so what, it was still worth it!
My blog post Mobil Chat
Many thanks. Quite a lot of info!
https://canadianonlinepharmacyhere.com humana online pharmacy
For latest news you have to pay a visit the web and
on web I found this website as a most excellent website for most up-to-date updates.
%%
Here is my homepage Cheapsex dolls
Poker is legal online. However, you must ensure that you’re legal.
Online poker sites require that players are at minimum 18 years old to play.
However, some sites may require a verification process before you download their software.
My web-site – gambler – http://www.Sanmartindelosandes.gov.ar,