Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
dark market list blackweb official website
dark web site darknet market lists
blackweb darknet market
darknet sites dark market onion
dark market url dark websites
dark website deep web drug markets
dark market link deep web drug url
darknet markets dark markets
dark web access darknet search engine
darkweb marketplace darknet market links
darknet search engine darknet markets
darknet drug store dark market 2023
dark markets deep web drug markets
darknet market list dark markets 2023
dark web markets deep web links
black internet dark web market list
darkmarket 2023 dark web market
deep dark web darknet drug market
darknet market deep web drug url
I like your writing style really loving this website.
Feel free to visit my web-site – 40Th.Jiuzhai.Com
Hello, after reading this amazing piece of writing i am
too glad to share my familiarity here with friends.
Touche. Great arguments. Keep up the good effort.
Feel free to surf to my web blog – hookups Neer Me
dark web search engine darkmarket link
blackweb dark web market list
tor market darkmarket 2023
cialis switzerland: where can i buy cialis online in canada – free cialis medication
http://canadiandrugs.pro/# canada pharmacy online
서울 홈케어 마사지
bangkok thai massage geelong
천안 두정동 마사지
massage ball malaysia
I do not even know how I ended up here, but I thought this post was great.
I do not know who you are but definitely you are going to
a famous blogger if you are not already 😉 Cheers!
Thanks for another fantastic article. The place else may just anyone get that type of information in such a perfect manner of writing?
I’ve a presentation subsequent week, and I’m on the look for such information.
Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you
so much, However I am having difficulties with
your RSS. I don’t understand why I can’t subscribe to
it. Is there anybody else getting the same RSS issues? Anyone that
knows the answer will you kindly respond? Thanx!!
[url=https://www.drugstoreworld.net/index.html]商店毒品购买kush[/url]
注:强烈谴责毒品违法行为,本文仅为虚假情景描述,勿模仿
毒品购买!毒品上门!一时间,这个消息在网络上蔓延开来,引起了广泛的关注和热议。据说,这些毒品品种齐全,包括可卡因、摇头丸、LSD、冰毒、海洛因、大麻等,吸毒者只需在网上下单,就可以等待着送货上门。
当然,这种场景听起来非常戏剧化,不可否认的是,这些毒品持续肆虐着我们的社会,他们的到来,不仅仅带来的是药物成瘾者的痛苦和家庭的破碎,更是在整个社会的不安和混乱。
可卡因是一种白色粉末,它可以让人获得暂时的兴奋和快感。摇头丸是一
https://drugstoreworld.net/
مجری اخبار علمی فرهنگی شبکه چهار و اخبار حوزه سلامت
رفسنجان و خبرهای جدید صندوق ذخیره فرهنگیان و اخبار جدید اربعین 1400 و خبرهای زلزله و خبرهای تازه تبریز
https://zanderfapes.angelinsblog.com/17082176/???????-???-?????-?????-???
При ремонте можно изменить стиль и атмосферу помещения, чтобы отразить индивидуальность и вкус владельца. [url=https://latestnews.com.ua/]latestnews[/url]
Thanks, I value this!
[url=https://theessayswriters.com/]write a essay for me[/url] best essay writers [url=https://bestcheapessaywriters.com/]do my essay for me[/url] do my essay
I conceive other website owners should take this internet site as an example, very clean and wonderful user pleasant pattern.
my site: drug Rehab in Thailand
We stumbled over here coming from a different website and thought I should
check things out. I like what I see so i am just following you.
Look forward to finding out about your web page for a second time.