Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Nicely put. Cheers! https://canadapharmacies-24h.com/
Kudos, A good amount of knowledge.
canadian prescription drugs [url=https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/]best canadian prescription prices[/url] legitimate canadian pharmacy https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/
Tips clearly applied!. https://canadapharmacies-24h.com/
Online poker
has many benefits. There are no waiting lists, no second-hand smoke, and you can play at
any time you want. You can also play many different games.
You can also play your favorite game from the comfort
of your home.
Good stuff, Appreciate it! [url=https://canadapharmacies-24h.com/#]canadian pharmacies that are legit[/url] medication costs https://canadapharmacies-24h.com/
Good tips. With thanks. navarro pharmacy [url=https://canadianpharmacies-24h.com/#]pharmacy near me[/url] northwestpharmacy com https://canadianpharmacies-24h.com/
Meds information sheet. Drug Class.
where to buy cheap seroquel in USA
Actual news about drugs. Get information here.
Your style is so unique compared to other people I’ve read stuff from.
Thank you for posting when you have the opportunity, Guess I’ll just bookmark this web site.
%%
Here is my homepage triple bed bunk
Gambling online has gained a lot of attention in the past
decade. In 1996, there were just fifteen websites.
In 1997, there were over 200. According to Frost & Sullivan, online gambling generated $830 million in revenues
in 1998.
Also visit my homepage :: blackjack
[url=https://medrxfast.com/#]carprofen without vet prescription[/url] sildenafil without a doctor’s prescription
Pills information sheet. Generic Name.
where can i buy cheap motrin without prescription in Canada
Actual trends of medication. Read information here.
ทางเรา relxclubthailand.com ต้องขอบอกได้เลยว่า เป็นตัวแทนหลักอย่างเป็นทางการในไทยที่ใหญ่ที่สุด และเป็นเจ้าเดียวกับ RELX THAILAND สินค้าทุกแบรนด์ ทุกรุ่น เราได้ทำการคัดสรร บุหรี่ไฟฟ้า ที่เป็นหนึ่งในนวัตกรรม ช่วยเลิกบุหรี่ ที่มีประสิทธิดีเยี่ยม และช่วยได้จริง มาให้ลูกค้าได้เลือกใช้ โดยสินค้าทุกชิ้นของเรา สั่งตรงจากโรงงาน
[url=https://kursyprofessionalnojperepodgotovki.ru/]Курсы профессиональной переподготовки[/url]
Тенденции проф квалификации – это упругые, прогрессивные ориентации проф обучения, что дают эвентуальность приготовиться к получению звания ядротехника независимо от ватерпаса образования.
Курсы профессиональной переподготовки
Great looking site. Assume you did a great deal of your own html coding.
link
You actually reported that very well. drug store online https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com cialis online
canadian drug prices buy prescription drugs from india
Amazing advice. Cheers. [url=https://canadapharmacies-24h.com/#]safe canadian pharmacies online[/url] canadian pharmacies that ship to usa https://canadapharmacies-24h.com/
buy vpn cheap
[url=”https://rsvpnorthvalley.com”]free vpn for ubuntu[/url]
how to get a vpn free
You said it perfectly.! canadian pharmacy non prescription https://canadianpharmacies-24h.com best online pharmacies canada