Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
tor markets links tor markets links
Growing your own cannabis plants from seeds can be a practical and fun experience.
Cannabis seeds purchased online can be expensive and so cultivating your own will reduce your
expenses. Here are a few tips Best Place To Buy Seeds Uk help you get started.
п»їcipro generic buy cipro online without prescription
If you’re in search of an effective skin care set to combat best anti aging skin care
then keep reading. We’ll discuss products from top brands, such as La Roche Posay,
It Cosmetics, and Hanacure.
neurontin 800 mg price neurontin 900 mg
Best business school essay books http://ansreply.com/index.php?qa=user&qa_1=geminisoy4
tor market dark web markets
best darknet markets darknet market links
tor dark web dark market onion
Lockforce Locksmiths in Emergency Locksmith Worthing were called to an apartment in Goring because the uPVC front door was not able to be opened using the
key in the lock. The spare key was not aligned correctly and
prevented the door handles retracing.
First everyday look for reasons with regard
to grateful – say out load a person really are have for grateful regarding.
This gets your mental energies focused in a good reputation.
Here is my blog post car key cutting and programming near me; Rachelle,
can you diflucan over the counter diflucan prescription uk
drug markets onion dark market onion
dark web links drug markets dark web
Who are the most popular fangirls? Here are some suggestions:
Maria Moobs (Doutzen Kroes), Annabella Avery (Bella Thorne),
and Eva Elfie. These ladies could also post videos.
Which one is your favourite? Find out by
reading on.
My site :: best only fan Nude
Do you want to experience the naked side of the world’s most well-known and popular best onlyfans nude ladies?
You’ve come to the right place! From Molly Sims to Jessica, Skylar Vox,
and Lucy is Loud, these women have all of it.
sildenafil coupon https://sildenafiluis.com
Fabulous, what a blog it is! This web site gives valuable information to us, keep it up.
Here is my web site … iogsport 5
신뢰할수 있는 안전한 온라인 카지노사이트 카지노검증사이트
안전하게 이용할수 있는 카지노사이트를 추천해드립니다.
https://casinoteam.net/
[url=http://freetoursantiagodecompostela.com/author/nighmentklopza/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™ Ч‘ЧђЧ™ЧњЧЄ[/url]
[url=http://juanandbettina.com/author/newsniliti/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™[/url]
[url=http://primatv.tv/author/sambackgriget/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™ Ч‘ЧђЧ™ЧњЧЄ[/url]
[url=http://generalhomecorp.com/author/diapadepi/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™[/url]
[url=http://dailymuxnews.com/author/growanepse/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™[/url]
You’ve come to the right place in case you’re trying to figure out
who the most popular Best Onlyfans nude nude are.
You’ll find Bella Delphine, Mia Malkova, Kacy Black, and Faith Lianne on this list.
tor markets dark markets
A local locksmith in Door Company Enfield is
likely to have a good knowledge of the region and
be in a position to reach you within thirty minutes.
They will assist in times of need and give you valuable advice.