Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
What’s up Dear, are you truly visiting this website daily, if so afterward you will definitely take fastidious knowledge.
Have a look at my site – kadın deri bileklik
The ADHD Bristol clinic didn’t plan for the sheer number of people who reside in the greater Bristol area.
The clinic didn’t take note of the increasing number of referrals or listen to the warnings that the waiting list would be long.
whoah this blog is fantastic i really like reading your articles.
Keep up the great work! You already know, many persons are searching around for this
information, you could help them greatly.
darkmarket darkweb marketplace
http://www.ivermectinoge.com/ stromectol online canada
I think this is one of the most important information for me.
And i’m glad reading your article. But should remark on few
general things, The site style is wonderful, the articles
is really great : D. Good job, cheers
My blog :: Bestfreesexvideos.Com
https://erectionpills.best/# the best ed pills
https://dostromectolit.com/ ivermectin without doctor prescription
deep web markets deep web drug store
A player can choose the theme they like and pick from a
variety of online slots, including classics as well as newer branded releases.
The payouts can vary but they all adhere to the same mathematical formula.
my webpage games
deep web markets tor marketplace
It hhas rolled 18 occasions considering that Marcia Adams of College Park won $72 milion in the January 24, 2012 drawing.
Visit my web-site – follow this link
You’ll need to be able to take on important dates as
consultant for netsuite implementation consultant consultant.
It doesn’t matter where you live in the world of
globalization.
dark markets 2022 darkmarket 2022
Are you looking to play online toto? Do you want to make sure that the site is legal?
If so there are several aspects to look over.
This article will review the characteristics of a legitimate website.
Check out my blog 먹튀온 (Vicky)
dark websites dark web sites
darkweb marketplace drug markets onion
Article writing is also a fun, if you be familiar with
afterward you can write or else it is complicated to write.
darkmarket url dark websites
Finding a cheap sexdoll is relatively simple these days.
There are many ways to approach it, and some of the most effective methods to find
an affordable sexdoll for men is to buy a secondhand doll.
darknet markets deep web drug url
These are the top accounts on Best Onlyfans for
new subscribers. These accounts are akin to the female version of Deadpool and provide a personalized direct messaging,
nudes, and custom content.
If you’re replacing a windows that are double or single hung you’re probably wondering
how much replacement of windows near me costs. Prices vary
from $200 to $1800 per window replacement near Me.
Upvc window repairs near me are possible for those who reside
in the UK. These windows are made out of various materials and could have a range of issues.
Wood windows require more care than aluminium
windows and are more prone to damage and rot.
Interesting blog! Is your theme custom made or did you download it from
somewhere? A theme like yours with a few simple adjustements would really
make my blog shine. Please let me know where you
got your design. Thanks
You might be wondering what options are available
in Bristol if you suffer from Adult adhd bristol.
If you’re unsure if you should wait until you’ve been assessed for a longer time period, you’ve come to the right place.
Great Blog!