Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Aw, this was an extremely good post. Taking
a few minutes and actual effort to create a very good article… but what can I say… I put things
off a lot and never seem to get anything done.
my web site; swadles
Thanks a bunch for sharing this with all folks you really recognise what you are talking about!
Bookmarked. Kindly additionally seek advice from my web site =).
We can have a hyperlink exchange agreement between us
My web blog: swadle wrap
Great site. Plenty of helpful information here. I am sending it to
several friends ans also sharing in delicious.
And naturally, thanks to your sweat!
[url=https://medrxfast.com/#]meds online without doctor prescription[/url] legal to buy prescription drugs from canada
The player can pick the theme they want and choose from hundreds of online slots, including classics as well as brand
newer releases. Although the payouts might differ however,
they all adhere to the same mathematical formula.
[url=https://medrxfast.com/#]how to get prescription drugs without doctor[/url] prescription drugs online without doctor
подъемники строительные
[url=https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru]https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru[/url]
%%
Also visit my web-site: Local double glazing repairs
%%
My website – shutter installers ealing [https://zhmgd-com.Cdn.ampproject.org/]
The online gambling industry has become popular in the past decade.
In 1996, there were only fifteen websites. By
1997, there were more than 200. In 1998 an Frost & Sullivan report stated
that online gambling generated $830 million in revenue.
Feel free to visit my web site: live [Sophie]
A person essentially lend a hand to make significantly articles I might
state. This is the very first time I frequented your web page and to this point?
I surprised with the research you made to create this actual post amazing.
Excellent activity!
%%
Feel free to visit my web site Door Installation Near Me
%%
Here is my site: best vegan skin Care
%%
my site: Adhd diagnosis uk adults
You can choose the theme you like and play a variety of online slots.
The payouts differ, but they all follow the same mathematical formula.
Find the “Auto Spin” option to choose the appropriate slot
game.
Feel free to visit my blog games (Karen)
[url=https://dryiceexpress.co.uk/price-update/#comment-39847]Il mio primo giorno di mauro biglino[/url]
[url=http://creativehomesandgardens.com/new-products-coming-soon/#comment-146212]Re: Re:[/url]
ac8f37f
[url=https://epprogmic.gq/post/Canva-En-Sencillos-Ejemplos]Canva En Sencillos Ejemplos[/url]
[url=https://lentaiprefindelend.tk/post/Consejos-De-Cambridge]Consejos De Cambridge[/url]
[url=https://niathropso.cf/post/Ensayos-Literarios-De-La-Revoluci-N-M]Ensayos Literarios De La Revoluci N M[/url]
[url=http://www.sognandoamanda.altervista.org/la-bella-e-la-bestia/#comment-31326]this site[/url]
[url=https://www.alnhomes.com/2020/02/20/hello-world/#comment-30969]here[/url]
The online gambling industry is governed by many
rules and regulations. For example, in the US there is no way
to establish an online gambling site that is located in the country where you reside.
However, it can be set up elsewhere.
Feel free to surf to my site gaming (Sonja)
%%
Feel free to visit my web page :: Online Psychiatrist consultation