Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
https://mrgraver.ru/
[url=https://teramoto-k.co.jp/2020/02/07/hello-world/#comment-931]Robertineks[/url] 40eb5a8
%%
My blog post … mens leather Jackets Virginia
https://gabapentin.top/# neurontin 300 mg mexico
This is nicely said! ! best online drugstore [url=https://canadianpharmacies-24h.com/#]no prescription canadian pharmacy[/url] list of canada online pharmacies https://canadianpharmacies-24h.com/
https://gabapentin.top/# neurontin for sale online
https://gabapentin.top/# neurontin 400 mg price
[url=https://wellbutrin.best/#]buy wellbutrin online[/url] buy wellbutrin australia
[url=https://algorithms-aviator-game-es.space]juego aviador loco[/url]
Aviator is a gamble that is rightfully considered a late bellman in the happening of online gambling.
algorithms-aviator-game-es
Synonymous with serenity and considered a sacred art in China,
Go is revisited by playful Dutch designer Marcel Wanders.
Feel free to visit my site; https://Wiki.Bitsg.Hosting.Acm.Org/
подъемный стол гидравлический
[url=https://gidravlicheskiye-podyemnyye-stoly.ru]http://www.gidravlicheskiye-podyemnyye-stoly.ru[/url]
[url=https://workgirls.biz/city/surgut.html]Работа для девушек Сургут[/url]
вакансии для девушек Ставрополь
%%
Feel free to surf to my site – buy full spectrum cbd oil
Wonderful, what a web site it is! This web site presents valuable information to us, keep it up.
https://valtrex.icu/# valtrex 500 mg tablets
Wow cuz this is really good work! Congrats and keep it up.
link
This information is priceless. Where can I find out more?
подъемный стол
[url=https://gidravlicheskiye-podyemnyye-stoly.ru]https://gidravlicheskiye-podyemnyye-stoly.ru[/url]
подъемный стол гидравлический
[url=https://gidravlicheskiye-podyemnyye-stoly.ru]http://gidravlicheskiye-podyemnyye-stoly.ru/[/url]
Perfectly spoken certainly. . fda approved canadian online pharmacies [url=https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/]prescription prices[/url] pharmacies in canada https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/
https://ventolin.tech/# where to buy ventolin nz
Its like you learn my mind! You seem to know a lot
approximately this, like you wrote the ebook in it or something.
I think that you simply could do with some p.c. to drive the message home a bit, however
instead of that, this is magnificent blog. An excellent read.
I will certainly be back.
Thanks a lot, I enjoy this. canadian pharmacy online no prescription needed [url=https://canadianpharmacies-24h.com/#]list of canada online pharmacies[/url] cost prescription drugs https://canadianpharmacies-24h.com/
[url=https://gabapentin.top/#]neurontin 214[/url] 800mg neurontin
Good info, Regards! best canadian online pharmacies [url=https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/]online pharmacy busted[/url] prescription drugs prices https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/