Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
подъемный стол гидравлический
[url=https://gidravlicheskiye-podyemnyye-stoly.ru]https://gidravlicheskiye-podyemnyye-stoly.ru[/url]
%%
Here is my web blog; Double Glazed Window Repair
Appreciating the commitment you put into your website and detailed information you offer.
It’s nice to come across a blog every once in a while that isn’t the same out of
date rehashed material. Wonderful read! I’ve bookmarked your site and I’m
adding your RSS feeds to my Google account.
[url=https://wellbutrin.best/#]wellbutrin online no prescription[/url] wellbutrin online pharmacy
В каталоге магазина в Москве представлен большой выбор одежды и снаряжения.
[url=http://specodegdaoptom.ru/]магазины спецодежды для охраны[/url]
Смотрите по ссылке – http://www.specodegdaoptom.ru/
Каталог интернет-магазина включает товары, качество которых подтверждается соответствующими сертификатами. Возможность применения в той или иной отрасли подтверждена документально.
[url=https://www.salentos.it/how-to-increase-youtube-views-top-10-magic-tricks/#comment-92637]Магазин спецодежды[/url] c8f37f5
You actually explained that terrifically! non perscription online pharmacies [url=https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/]reliable online pharmacies[/url] viagra online canadian pharmacy https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/
For instance, on a committee with nine members, elections
could take location for three of the roles eazch year.
Feell free to visit my web blog; nba games today
Link exchange is nothing else however it is just placing
the other person’s web site link on your page at proper place
and other person will also do same in support of you.
%%
Also visit my web page … Good vibes Cbd review
wellbutrin canada wellbutrin adhd
I couldn?t resist commenting. Exceptionally
well written!
Have a look at my web site … Peak Keto Review
Informative article, еxactly ԝhat I wanteⅾ where to get cheap propecia online find.
Highly energetic post, I loved that a lot. Will there
be a part 2?
win money sports betting win win sport bet gals sports bet ug
Wow many of useful facts. price medication https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com perscription drugs without prescription
A player can choose the theme they prefer and pick
from hundreds of online slot machines, including classics and more recent branded releases.
While the payouts can vary however, they all adhere to the same mathematical formula.
Here is my website: betting
Thank you for the good writeup. It in reality was once a leisure account
it. Glance complex to far introduced agreeable from you!
By the way, how can we keep in touch?
[url=https://wellbutrin.best/#]buy generic wellbutrin online[/url] wellbutrin 100mg tablets cost
Kudos. I value this! prescription drug costs [url=https://canadianpharmacies-24h.com/#]online prescriptions without script[/url] best canadian online pharmacies https://canadianpharmacies-24h.com/
Scrub clothes in cool water. Nearly 90 % from the ingested Top Gun: Maverick imdb whilst washer comes from heating system this type
of water for a cozy or warm pattern. If you work with top quality laundry detergent,
cold water will be competitive with very hot when cleansing your washing.