Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Fine way of describing, and good post to take information about
my presentation subject, which i am going to present in academy.
%%
Also visit my webpage double glazed windows reading
You expressed that exceptionally well. [url=https://canadapharmacies-24h.com/#]list of trusted canadian pharmacies[/url] canada pharmacies online pharmacy https://canadapharmacies-24h.com/
WOW just what I was searching for. Came here by searching for pacemaker
My partner and I stumbled over here different web address and thought I might check things out.
I like what I see so now i am following you. Look forward to going over your
web page yet again.
You expressed it effectively. approved canadian pharmacies https://canadianpharmacies-24h.com canadian drug stores
There are many treatment options for gambling addiction. One-on-one counseling or medication, lifestyle changes and
medications are all choices. This can turn into an addiction if
you cannot stop yourself from engaging in it.
Feel free to visit my web page … Experience
With thanks. Good stuff! [url=https://canadapharmacies-24h.com/#]pharmacies shipping to usa[/url] reliable mexican pharmacies https://canadapharmacies-24h.com/
%%
My blog Doors Enfield
You said it nicely.! no prescription drugs canada [url=https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/]best canadian prescription prices[/url] prescription without a doctor’s prescription https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/
Hello there! Quick question that’s completely off topic.
Do you know how to make your site mobile friendly? My blog looks weird when viewing
from my apple iphone. I’m trying to find a theme or plugin that might be able to resolve this problem.
If you have any recommendations, please share. Appreciate it!
[url=https://medrxfast.com/#]canadian drugstore online[/url] how to get prescription drugs without doctor
You actually mentioned it superbly. https://canadapharmacies-24h.com/
%%
Review my web page … locksmiths near
Wow, stunning site. Thnx …
link
You said this well! buy viagra pharmacy 100mg [url=https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/]pharmacy drugstore online[/url] online pharmacies in usa https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/
Daily updated super sexy photo galleries
http://riverwood.miyuhot.com/?zaria
perfect teen porn tube porn jobs in fresno ca nikki benz porn amature porn free daly shot long cock porn movies
[url=https://medrxfast.com/#]best canadian pharmacy online[/url] buy prescription drugs
Замечательно, полезная штука
[url=http://spiksib.ru/communication/forum/user/1389301/]http://spiksib.ru/communication/forum/user/1389301/[/url] о во, сертификат, справку-вызов, диплом о появлении на свет- все действия реально оформить у нас.
https://medrxfast.com/# buy prescription drugs
Hi there, of course this post is really pleasant and I have
learned lot of things from it regarding blogging. thanks.
[url=https://fluoxetine.digital/]prozac pills buy[/url]
Reliable postings. Many thanks! humana online pharmacy [url=https://canadianpharmacies-24h.com/#]pharmacy price comparison[/url] safeway pharmacy https://canadianpharmacies-24h.com/