Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
buy medication online from india meds online without doctor prescription meds online without doctor prescription
how to create a darknet market best darknet market 2022 reddit [url=https://darknet-drugstore.com/ ]daeva market [/url]
Pretty component of content. I just stumbled
upon your web site and in accession capital to claim that I acquire actually loved account
your weblog posts. Anyway I will be subscribing on your augment
or even I fulfillment you get entry to persistently fast.
Stop by my webpage … tutoring
darknet stock market best australian darknet market [url=https://darkwebmarketlists.com/ ]how to buy from the darknet markets [/url]
reddit darknet market noobs current darknet markets [url=https://darknetmarketlink2022.com/ ]wallstreet market link [/url]
alphabay market link darkweb marketplace [url=https://darknetdrugshop.com/ ]spurdomarket market [/url]
darknet market bible darknet markets 2022 [url=https://darknetdrugshop.com/ ]cannazon link [/url]
darknet market bible darknet markets 2021 reddit [url=https://deepwebdrugurl.com/ ]darknet market guide reddit [/url]
%%
my web site :: nfl jerseys Nike
I have learn some good stuff here. Definitely worth bookmarking for revisiting.
I surprise how so much attempt you put to create any such excellent informative website.
Here is my web-site … travel agent la
Hi guys! :]
I’ve faced an individual problem…
You identify, I’ve unswerving to bring into being a merry video for my outdo friend.
We have varied standard videos but they all are in Instagram or Facebook accounts. I’ve already tried to make out a cloak recorder on my phone, but it’s so period consuming.
I’m not satisfied with individual apps after downloading purport soon from popular networks. Most of them are awful.
I’ve found [url=https://socialmediablog.webgarden.com/section-1/blog/now-ig-views-of-story-counts-are]growth machina instagram
[/url]
It’s convenient, works stable passably, no additional actions are needed.
But nevertheless…
It takes continuously to download a immense multitude of videos. Perchance someone used it? How do you like it? Or do you recollect a secure choice to this app which works faster? I would be thankful to any advice.
By the way – sorry for my English 🙂
I’ll give you my feedback a meagre bit later.
Does your website have a contact page? I’m having problems locating it
but, I’d like to shoot you an e-mail. I’ve got some
ideas for your blog you might be interested in hearing.
Either way, great site and I look forward to seeing it grow over
time.
how to get on darknet market deep web drug url [url=https://dark-website.com/ ]darknet market list 2022 [/url]
how to access darknet markets white house darknet market [url=https://deepnetmarket.com/ ]versus market [/url]
Spurdomarket market link darknet market noobs bible [url=https://dark-markets.com/ ]best darknet markets [/url]