Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
[url=https://medrxfast.com/#]ed meds online without doctor prescription[/url] prescription drugs without doctor approval
Great knowledge. Cheers. https://canadapharmacies-24h.com/
Bahis severler sadece Casibom sistemine bonus ve oyun alanlarında kullanabilme adına yatırım yamaktadır. Sistemde bulunan kullanımlar içerisinde ek hizmetler bünyesinde ücret talep edilmemektedir. Kayıt alanında da belirtilen alanlar içerisinde ücretsiz hizmet verildiği Casibom sitesi bünyesinde açıklanmaktadır.
https://medrxfast.com/# prescription meds without the prescriptions
[url=https://medrxfast.com/#]the canadian drugstore[/url] buy prescription drugs without doctor
Клининговая компания «Чистый лис» предлагает свои услуги по уборке квартир, помещений. Вы можете заказать уборку в любое, наиболее комфортное время. Специалисты используют безопасную, но эффективную химию, которая справляется с загрязнениями различного уровня сложности. Применяется инновационное оборудование, которое позволяет произвести работы быстро и точно. На сайте https://www.cleanfox.ru ознакомьтесь с расценками. Вы можете заключить договор на регулярное оказание услуг либо воспользоваться ими разово.
Awesome facts. Thanks! legitimate canadian pharmacies online [url=https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/]drugs canada[/url] on line pharmacy with no prescriptions https://canadianpharmaceuticalsonlineus.com/
You actually suggested this exceptionally well. mail order drugs without a prescription [url=https://canadianpharmacies-24h.com/#]online drugstore[/url] canadian pharmacy rx https://canadianpharmacies-24h.com/
телескопический подъемник
[url=https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru]https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru[/url]
телескопическая вышка
[url=https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru]https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru[/url]
Effectively spoken genuinely. . non perscription online pharmacies https://canadianpharmacies-24h.com foreign online pharmacy
Biseksüel alışveriş sitesi Biseksüel Alışveriş Sitesi
стоимость демонтажа приютов с вывозом утиля
Regards. Loads of content!
[url=https://canadapharmacies-24h.com/#]online pharmacies legitimate[/url] best 10 online canadian pharmacies https://canadapharmacies-24h.com/
You actually stated that very well! prescription drugs [url=https://canadianpharmacies-24h.com/#]cheap canadian drugs[/url] prescription drug prices https://canadianpharmacies-24h.com/
My developer is trying to convince me to move to .net from
PHP. I have always disliked the idea because of the
expenses. But he’s tryiong none the less. I’ve been using
Movable-type on a number of websites for about a year
and am anxious about switching to another platform. I have
heard very good things about blogengine.net. Is there a way I can transfer
all my wordpress posts into it? Any help would be really appreciated!
подъемник мачтовый
[url=https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru]https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru[/url]
brand cleocin 150mg buy nolvadex pills rhinocort spray