Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
fake id onion darknet reddit market pills [url=https://heinekenonion.com/ ]dark net guide [/url]
Top 100 Searched Drugs. Drugs information sheet.
ivermectin online
Read now. Read here.
تعمل شركة بالم هيلز حاليًا على
مشروع سكني جديد وهو كمبوند “كابيتال جاردنز” في مدينة
المستقبل. شركة تطوير عقاري من أكثر الماريع
الناجحة فى الوقت الحالى، شركة التطوير
العقارى هى عبارة شركة تبني لحسابها وتسوق وتبيع وحداتها وربما تسوق وتبيع وحدات غير تابعة
لها، تعتبر شركات التطوير أكبر
حجمًا وتكلفة وقدرة على تحقيق الأرباح، تعمل هذه الشركات بشكل أحترافى من المشاريع
التى تحقق الكثير من الأرباح، يوجد عدد كثير
من الشباب يفضلون العمل فيها لأنه سهل وبسيط ونسبة نجاحة
مضمونة، ولكى يكون المشروع ناجحا يجب عمل دراسة
جدوى كاملة عن المشروع، وفكرة هذا المشروع من المشاريع التى أنتشرت
فى الفترة الأخيرة ويسعى العديد من
الناس الى تنفيذه للأستفادة من
أرباحة، مكنك أن تبدأ مشروع شركة تطوير عقاري على نطاق صغير وبمشاركة بعض الافراد، يجب الحرص على عمليات التسويق وان تكون ناجحة، ومن خلال
موقعنا موقع مشروعى سوف نستعرض معكم دراسة جدوى كاملة
لهذا المشروع تابعونا. “بالنظر في أحوال السوق العقارية المصرية ومع الاستقرار النسبي لأسعارالعقارت في مصرفي بعض المناطق وارتفاعها في مناطق آخرى، نجد أن الاستثمار في العقارات هو آمن وأفضل طرق الاستثمار الحالية في مصر”
وفقًا لبعض بعض الإحصائيات التي أجراها موقع -ЈIL -Jones Lang LaSalle.
موقع المشروع من أهم العوامل التى تساعد على نجاحه وتطويره، لذلك يجب أختيار الموقع المناسب الذى يساعد على زيادة نسبة المبيعات، وأفضل مكان مناسب لهذا المشروع سيكون
فى أحدى الأماكن التجارية والسكنية التى يوجد بها
عدد كبير من الشقق السكنية، أى يجب أن يكون فى
مكان يكثر به عمليات البيع والشراء ويفضل أن يكون على شارع رئيسى مشهور وبه الكثير من الحركة، أما بالنسبة لمساحة المشروع
يجب أن تقوم بتوفير محل أن لم يكن ملك الى صاحب المشروع يفضل أن
يكون ذوو أيجار رخيص حتى لا يؤثر
على الأرباح، يفضل أن تكون مساحة المشروع
شقة فى الدور الأول فى برج سكنى، حيث أن موقع ومساحة المشروع من أكثر العوامل التى تساعد فى
نجاح المشروع، يجب ان لا تقل مساحة المشروع عن
100 متر مربع.
Here is my web blog :: مشروع مقاولات البناء
Best and news about drug. Read here.
https://stromectolst.com/# ivermectin syrup
safe and effective drugs are available. Get here.