Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
What’s up i am kavin, its my first occasion to commenting anyplace, when i read this post i
thought i could also create comment due to this good
paragraph.
how to get prescription drugs without doctor legal to buy prescription drugs from canada
Двери Верда в Москве
Двери Браво купить
Двери Браво купить
I seriously love your site.. Excellent colors & theme.
Did you create this website yourself? Please reply back as I’m wanting to create my very own website and want to learn where you got
this from or just what the theme is called.
Thanks!
Internet earnings – attract new clients to binary options and get profit up to
50% (from $100-$50,000 per month). Payouts every week.
Read more here.
forex affiliate
%%
My homepage – Good vibes cbd review
You can definitely see your skills in the article you write.
The sector hopes for more passionate writers such as
you who aren’t afraid to mention how they believe.
At all times follow your heart.
Online betting offers both bettors as well as bookmakers many benefits.
In addition to enabling people to bet on their preferred sports betting websites
also allow them to earn money. These sites offer
a variety of deposit options.
Betting on online sports betting gives bookmakers and bettors numerous advantages.
Apart from allowing gamblers to place bets on their preferred sports, online
betting sites also help them make money.
Also visit my web page – live
Your stuff is very exciting.
https://www.mojebielsko.pl
%%
my site – Buy Hemp Online
prescription drugs online without doctor canadian online pharmacy
%%
my blog post :: Best perfumes Unisex
prescription drugs canada buy online buy prescription drugs online
the canadian drugstore amoxicillin without a doctor’s prescription
สล็อตเว็บตรง สล็อต PG ไม่ผ่านเอเย่นต์
สมัครสล็อตpg ทดลองเล่นได้แล้วที่นี่ PGTHAI.CLUB
สมัคร สล็อต pg แตกง่าย
สล็อตpg
Casinos online offer a variety of benefits. The process of signing
up doesn’t require you to spend a significant amount of money.
Many online casinos provide free games, and players can play them to see
which games they like best.
Also visit my web blog :: poker [Charis]
Hey there, You have done a fantastic job.
I will definitely digg it and personally recommend to
my friends. I am sure they will be benefited from this site.
%%
Also visit my webpage: 제왕카지노도메인
[url=http://synthroid.works/]synthroid 0.075[/url]
Your method of telling everything in this piece of writing is
genuinely good, every one be capable of simply know it,
Thanks a lot.
%%
Also visit my website: remote car key replacement
ed meds online without doctor prescription pain meds online without doctor prescription
https://medrxfast.com/# buy cheap prescription drugs online
[url=https://medrxfast.com/#]buy cheap prescription drugs online[/url] buy prescription drugs without doctor
Двери Верда
Двери Верда в Москве
Двери Верда