Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Thiss post offers clear idea iin favor of the new viewwers oof blogging, that truly how
to do running a blog.
Feeel free to surf to my webb page – best rtp slots
hydra market url tor market [url=https://alpha-bay.shop/ ]darknet market ddos [/url]
A motivating discussion is definitely worth
comment. I think that you ought to write more on this subject, it might not be a taboo matter but typically people do not discuss these subjects.
To the next! Cheers!!
Are you in search of an Local emergency Locksmith locksmith near me?
You’ve come to the right place if so. This article
will teach you how to choose the best locksmith 24 hours a day near me.
It also examines the professionalism and price of this company.
There are a variety of CDNs on the market, so finding the best one for your needs can be difficult.
While some CDNs might have similar features, others have more standard features.
Many CDNs are charged by usage.
Also visit my web page content delivery network cdn
[url=http://powerlifting.life/author/flexperwiku/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™ Ч‘ЧЄЧњ ЧђЧ‘Ч™Ч‘[/url]
[url=http://lalitimes.ir/author/counthunoma/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™[/url]
[url=http://optimizeem.com/author/fianarmopyconc/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™[/url]
[url=http://minoritylistings.com/author/whiikerincongher/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™[/url]
[url=http://k12hr.com/author/terpigoogri/]Ч ЧўЧЁЧ•ЧЄ ЧњЧ™Ч•Ч•Ч™[/url]
can i buy neurontin over the counter neurontin 100 mg tablets
Free Porn Pictures and Best HD Sex Photos
http://ukstarporn.hotblognetwork.com/?denisse
thumbnail gwlley porn gay homemade porn vids thick teens porn world of warcraft poorn drawing mandingo and tia ling porn stars
darkmarket url darknet markets
Thankfulness to my father who stated to me regarding this weblog, this web site is truly remarkable.
where to buy diflucan in uk diflucan buy without prescription
While the cost of the cost of a private ADHD assessment may seem prohibitive There are numerous benefits of choosing a specialist establishment.
private Adhd assessment uk clinics typically have lower
prices and can be more convenient.
dark market dark market url
A sleep gummy can be a tasty way of getting better sleep.
Many of them have ingredients that are believed to aid in sleep.
Some of these ingredients are Gummies With Melatonin CBD
L-Theanine, CBD, and the chamomile.