Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
drug markets dark web drug markets onion
dark market list dark web sites
Every weekend i used to pay a visit this web site, for the
reason that i want enjoyment, as this this website conations really
nice funny stuff too.
pragmatic
Excellent weblog right here! Additionally your site loads
up very fast! What web host are you the usage of? Can I am getting your
affiliate hyperlink in your host? I want my site loaded up as quickly as yours lol
drug markets dark web tor market links
Hi there, yeah this piece of writing is really good
and I have learned lot of things from it regarding blogging.
thanks.
I’m truly enjoying the design and layout of your website.
It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for
me to come here and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme?
Excellent work!
I’m really enjoying the design and layout of your
site. It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to come here and visit more
often. Did you hire out a developer to create your theme?
Outstanding work!
darknet market darknet markets
best darknet markets darkweb marketplace
Trade Forex Bitcoin binary option min deposit 10$-Trading futures contracts with leverage X5-X100.
dark market onion market
darkmarket darknet markets
tor marketplace deep web drug links
tor darknet darknet websites
darknet markets darkmarkets
Fantastic goods from you, man. I have understand your stuff previous to
and you’re just extremely excellent. I actually like what you’ve acquired here, really like what you’re stating and the way in which you say
it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it sensible.
I cant wait to read much more from you. This is really a great
site.
Stop by my webpage … 스포츠중계
You could definitely see your skills in the article you write.
The world hopes for even more passionate writers such as you who are
not afraid to say how they believe. Always go after your heart.
dark web market links onion market
dark web market list darknet market
dark market list darkweb marketplace
darkmarket link dark web market
darknet market lists best darknet markets
Фриспины за регистрацию
Новым игрокам рекомендуем использовать бонусы на депозит в онлайн казино. Сделали подборку с высокими бонусными предложениями. За депозит вы получаете от 100% до 350% прибавления к своему счету. Как получить выгодное предложения – узнаете в этом разделе
how Can I Order Cialis From A Canadian Pharmacy?
tor markets 2022 tor darknet
I like it whenever people come together and share views.
Great blog, keep it up!
dark market link onion market
[url=http://ivermectin.church/]ivermectin 2%[/url]
Thank you a bunch for sharing this with all people you really recognize what you’re
speaking about! Bookmarked. Please also seek advice from my
website =). We could have a hyperlink change agreement among us
Also visit my site … stapleton maid service
Hello, i believe that i saw you visited my weblog so i came to return the want?.I am trying to in finding issues to improve my website!I assume its adequate to make use of some of your ideas!!
Feel free to surf to my web blog :: דונט סרץ’
Hi there, for all time i used to check weblog posts here in the
early hours in the daylight, because i love to gain knowledge of more and more.
It isn’t easy to identify adult ADHD. In many cases, adults have learned the art of concealing their symptoms how to get an adhd diagnosis uk shield themselves from being labeled a negative person.