Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Regards. I value it. https://health21cialis.com online pharmacy canada
Dirty Porn Photos, daily updated galleries
http://sweetporngays.barataria.moesexy.com/?arianna
porn milfs makeup tips from porn stars chowder porn free gay porn bubble butt hardcore porn espanoles
Oh my goodness! Incredible article dude! Thank you so much,However I amm going through issues with
your RSS. I don’t understand the reason why
I cannot subscribe to it. Is there anybody getting idenjtical RSS issues?
Anybody who knows the answer ccan you kindly respond?
Thanks!!
Feel free to surf to my webpage: instagram takipçi satıN Al
Hi there, after reading this remarkable paragraph i
am too cheerful to share my familiarity here with mates.
Look att my weeb page :: seks chat
Hi! I’ve been following your website for a while now and finally got the bravery to
go ahead and give you a shout out from Houston Texas!
Just wanted to tell you keep up the fantastic job!
[url=http://cialisltabs.monster/]cialis canada no prescription[/url]
Hello there! This post couldn’t be written much better!
Looking at this article reminds me of my previous roommate!
He continually kept preaching about this. I am going to forward
this article to him. Fairly certain he will have a very good read.
Many thanks for sharing!
Cover letter investment banking example https://maps.google.com.sg/url?q=https://buyessayreviews.com
Heya i’m for the first time here. I found this board and I in finding It really useful & it helped me out much.
I’m hoping to give one thing again and aid others such as you aided me.
Your way of telling all in this piece of writing is really nice, every one be ablpe to easily know it, Thanks a lot.
Also visit myy site – mobil chat
cami süpürgesi
Many thanks extremely handy. Will share site
with my pals.
https://www.telewizjaolsztyn.pl
I enjy what you guys are usually up too. This kind of clever work and exposure!
Keep up thhe amazing works guys I’ve included yoou guys
to blogroll.
Look at my web page: Türk anime
I know this if off topic but I’m looking into starting my own blog and was
wondering what all is required to get setup? I’m assuming having
a blog like yours would cost a pretty penny? I’m not very web savvy so I’m not 100% sure.
Any recommendations or advice would be greatly appreciated.
Many thanks
You can choose the theme you like and play a variety of online slots.
The payouts differ however they all use the same mathematical formula.
To find the best slot game for you, look for the “Auto Spin” option.
my blog post … bets
https://medrxfast.com/# cat antibiotics without pet prescription
вышка телескопическая
[url=https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru]https://podyemniki-machtovyye-teleskopicheskiye.ru[/url]
Yes! Finally someone writes about tiktok takipçi arttırma.
my webnsite sosyal medya bayilik paneli
%%
Feel free to surf to my web-site Moisturisers with spf
[url=https://medrxfast.com/#]ed meds online canada[/url] prescription meds without the prescriptions
You can pick the theme you like and play a variety of online slots.
While the payouts may vary, they all follow the same mathematical formula.
To find the best slot game for you, search
for the “Auto Spin” option.
https://medrxfast.com/# canadian drug pharmacy
Gambling online has gained a lot of attention in the last
decade. In 1996, there were just fifteen websites. In 1997 the number was more than 200 websites.
According to Frost & Sullivan, online gambling had generated $830 million in revenues in 1998.
my web site … blackjack