Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
deep web markets best darknet markets
Cbd Concentrate Wax Online Hemp Wax can be described as a form concentrated
cannabis oil. It is not legally legal in the United State of America However,
it does have many advantages. This wax is similar to candle wax.
Hi, Neat post. There’s a problem along with your site in web explorer, could check
this? IE still is the marketplace chief and a good component to folks will omit your magnificent writing due to this problem.
darknet market list darknet sites
Essay on my favourite freedom fighter mahatma gandhi http://wiki.seds.org/index.php?title=Essay_Typer_Review_2022_An_Effective_Assistant_or_a_Fake_Service
Hi guys! :]
I’ve faced one problem…
You be acquainted with, I’ve unswerving to create a eccentric video due to the fact that my best friend.
We be struck by varied general videos but they all are in Instagram or Facebook accounts. I’ve already tried to make a sieve recorder on my phone, but it’s so values bright and early consuming.
I’m not satisfied with diverse apps on the side of downloading purport soon from common networks. Most of them are awful.
I’ve found [url=https://ilmakuhn.diary.ru/p221246822_zwei-tricks-zum-vergr-ern-der-instagram-profilbilder.htm]how to get the heart zoom photo on instagram story
[/url]
It’s convenient, works fast passably, no additional actions are needed.
But that time…
It takes duration to download a great numbers of videos. Peradventure someone acclimated t? it? How do you like it? Or do you know a good choice to this app which works faster? I would be thankful in support of any advice.
By the way – sorry for my English 🙂
I’ll give you my feedback a undersized bit later.
https://cipro.best/# ciprofloxacin mail online
Avon men’s aftershave
has an intense masculine scent. It has a vanilla scent, woodsy, and a fresh scent.
Learn more about it to see if it’s right for you and budget.
buy Cbd Infused chocolates For sale white chocolate is a new kind
of sweetened beverage that includes hemp-derived cannabidiol, a natural
substance found in marijuana. The product is becoming popular because of
its therapeutic benefits.
darkweb marketplace darkmarket list
Online gambling is governed by various rules and regulations.
In the US, for example, you can’t base a gambling website in the country you reside in however, you are able to base it elsewhere.
my site … games
Online gambling has grown in popularity over the
last decade. In 1996, there were only fifteen websites. By
1997, there were more than 200. In 1998 an Frost &
Sullivan report stated that online gambling generated $830 million in revenues.
dark market list darkmarket
A professional service provided by a reputable fullham locksmith
can aid you in a short time if you require access to your vehicle.
Locksmiths are able to service all makes and models of vehicle and Lock smith Fulham systems.
Misted double glazing repairs Near me-glazed windows are one type
of window that is made up of two panes of glass
with an opening in between. The space is filled with an inert gas which is less heat-conductive than air.
natural ed medications best ed drug
Cool content you have got in here.
link