Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
dark web drug marketplace dark markets
tor market drug markets onion
dark market list darknet markets
drug markets onion dark web links
stromectol 3 mg tablets price stromectol pills for humans stromectol 12 mg tablets
Valuable info. Fortunate me I discovered your web site
unintentionally, and I’m stunned why this coincidence did not came about earlier!
I bookmarked it.
dark market link dark web market links
best darknet markets onion market
dark web sites dark market onion
Esl curriculum vitae ghostwriters websites uk https://kwafoo.coe.neu.edu:7788/git/swimeast29
Locksmiths Near Me is a firm that can help in the event that you’ve ever locked out of your vehicle.
They can replace locks, pick locks, or even open trunks.
Some even provide emergency services. Here are some reasons you need to hire a locksmith near.
Spot on with this write-up, I honestly believe that this site needs
a lot more attention. I’ll probably be back again to read
more, thanks for the information!
darkmarket list dark web market links
Have you ever thought about writing an e-book or guest authoring on other sites?
I have a blog based on the same subjects you discuss and would love to have you share some stories/information. I know my
audience would value your work. If you are even remotely interested, feel free
to shoot me an e mail.
Currently it seems like Movable Type is the preferred blogging platform out there right
now. (from what I’ve read) Is that what you’re using on your blog?
sildenafil viagra pills sildenafil citrate 100mg for sale
tor markets deep web drug store
darknet drug market dark market
dark market list onion market
Are you considering applying for a payday loan? The Financial Conduct Authority regulates these short-term loans.
Find out more about this type of credit for consumers.
Here are some benefits to getting a payday uk Loans loan:
Touche. Great arguments. Keep up the amazing effort.
dark web links dark web market list
deep web drug url deep web drug url
tor marketplace dark markets
Phí Ship Hàng Mỹ bao nhiêu
drug markets dark web bitcoin dark web
dark web sites dark market url
darknet drug links tor market url
drug markets onion darkmarket url
Amazing blog! Is your theme custom made or did you download it from
somewhere? A theme like yours with a few simple tweeks would really make
my blog stand out. Please let me know where you got your theme.
Appreciate it
It’s not necessary to be concerned if you aren’t sure if CBD flower is available in the UK.
There’s nothing illegal about importing Hemp Flowers for sale flower, extract,
and oil. However there are legal issues to avoid.
best darknet markets darknet marketplace
tor markets links tor market url
tor marketplace darkmarket 2022
darkmarket url darknet drug market
darkmarket list deep web drug links
darkmarket url darkmarket link
tor markets links darkmarket link
best darknet markets dark web links
drug markets onion dark web sites
darkmarket url deep web drug store
dark web markets darknet drug store
tor marketplace dark web market links
tor market links dark web link
dark market darknet market links