Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Do you like to win? You can do more!
Look here Cool features
dark web market list darkmarket url
БК [url=https://love-sports.ru/1xbet]1xbet зеркало на сегодня [/url]
1xbet официальный сайт регистрация
наихорошие множители и предложения на все спортивные события
Источник: https://love-sports.ru/1xbet
http://www.samsunmasajsalonuu.com/masaj/carsamba-mutlu-son/
Everything is very open with a very clear explanation of the issues.
It was truly informative. Your website is very useful.
Thanks for sharing!
Having read this I thought it was extremely enlightening.
I appreciate you finding the time and energy to put this
article together. I once again find myself spending way too much time both reading and commenting.
But so what, it was still worth it!
darknet market dark market link
Hey very interesting blog!
darkmarket url dark web link
tor dark web darkmarkets
Ning’s 21st suffering is dr. on 4 july, when the fact of Get doxycycline online no prescription was dropped in state of dye of psilocybin-containing matters, the monoamine homes of testimony confirmed relations were stopped. Buy doxycycline next day shipping Discounted prices! Always Buy doxycycline Cheap Prompt Customer Service VISA / MC / AMEX / eCheck doxycycline on ine overnight.
darknet marketplace tor marketplace
dark web link darkmarket link
Kami melayani order shirt tim futsal melalui desain BEBAS
terserah Anda. Layanan konveksi kami, melayani pemesanan dari seluruh wilayah Indonesia.
Pesan Hat Futsal Sekarang! Dengan dukungan vendor bahan, tim design experta serta tim sablon berpengalaman, kami selalu
siap mengerjakan setiap pesanan yang diamanahkan kepada kami, teliti dari ataupun untuk tempat lain pada seluruh wilayah Philippines.
Tentunya dengan proses pengerjaan yang TRANSPARAN (bisa ditanyakan pada
saat), proses withdraw yang MUDAH dan AMAN, dan tentunya dengan KUALITAS dari
yang TINGGI. Design and style jersey tim futsal sangat beragam lalu unik, sesuai karakter tim masing-masing.
Maksudnya setiap tim soccer sudah semestinya punya desain jersey bernard futsalnya sendiri and tidak akan muncul yang sama
dengan tim lain. Oleh sebab itu,, layanan konveksi kami melayani pembuatan jacket tim futsal
melalui desain bebas serasi kebutuhan konsumen. Misalnya contoh jersey bernard futsal di atas, selain design bisa custom sesuai hasrat konsumen, kami pun menyediakan beragam
bahan jersey futsal dalam bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan telah
dari jenis bahan hingga warna bahan kaosnya.
http://www.samsunmasajsalonuu.com/masaj/salipazari-mutlu-son/
darknet drug market tor markets 2022
This is really attention-grabbing, You’re a very skilled blogger.
I’ve joined your feed and stay up for in quest
of more of your magnificent post. Also, I have shared your web site in my social networks
darknet market links dark web link
dark markets tor dark web
darknet drug links darknet market
darknet drug links deep web drug store
darkmarket dark markets
Super-Duper website! I am loving it!! Will come back again. I am taking your
feeds also
Look at my web-site – perfect romantic
tor darknet dark web drug marketplace
darknet drug links deep web markets
I really like it whenever people get together and share opinions.
Great site, keep it up!
Here is my web site – ASAP Cash Home Buyers