Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
tor darknet darknet websites [url=https://darksitemarket.com/ ]legit darknet markets [/url]
I was able to find good advice from your content.
Feel free to surf to my homepage; truffe fraîche
Hello, I enjoy reading all of your post. I like to write a little comment to support you.
Hi mates, its enormous paragraph concerning cultureand completely
explained, keep it up all the time.
legit darknet markets nightmare darknet market [url=https://darkwebdrugshop.com/ ]darknet market list reddit [/url]
Gang bang, Free amatuer porn videos, Pauzao. caged tushy
cavity search
darknet market comparison legit darknet markets [url=https://deepmarketsweb.com/ ]wall street market darknet review [/url]
monopoly market darknet dark market onion [url=https://bitcoindarkwebs.com/ ]bitcoin dark web [/url]
ed medications ed meds online without doctor prescription what is the best ed pill
reddit darknet markets 2021 wall street market darknet [url=https://drugdarkweb.com/ ]tor markets 2022 [/url]
tor markets 2022 darknet market bible [url=https://darknet-drugstore.com/ ]versus project market url [/url]
Choosing the best sexdoll is a tricky process because there are so many options to
choose from. A sexdoll comes with many advantages in terms of its ease of care and its variety of colors.
Here are some guidelines to help you choose the best one.
My web blog … se X doll
darknet wall street market daeva link [url=https://darknetmarketlists.com/ ]hydra market link [/url]
torrez market url best darknet market 2021 reddit [url=https://darknetmarketlists.com/ ]dark web markets [/url]
darknet market script darknet markets onion address [url=https://darknetdrugstore.com/ ]daeva link [/url]
darknet wallstreet market bohemia market darknet [url=https://deepwebsmarkets.com/ ]cartel market [/url]
darknet drug store versus project market link [url=https://dark-markets.com/ ]bohemia market [/url]
To park up to 15 minutes for free, you will need to provoke a parking
session utilizing a parking app or pay station. While utilizing your
regular gait of swinging your arms and placing your toes
from heel to forefoot on the pool’s floor, stroll one pool length.
ADA-accessible shuttles will run on an everyday schedule
whereas parking areas are open. As you change into stronger, enhance your duration in five-minute increments whereas pedaling
sooner. Basic paid parking is offered on event days at Emerald Parking, positioned off
of the Cross Island Parkway Exit 26D. For concerts, prices will
enhance $5 when bought at the enviornment parking tons.
To expedite guest arrivals, please pre-buy parking and make the most
of the right Cross Island Parkway exit to parking lots (see above list).
Please observe that access to UBS Enviornment through Cross Island Parkway Exit 26B (Hempstead
Turnpike East) is simply accessible for pre-paid Diamond & Silver Parking cross
holders. UBS Enviornment recommends arriving with enough
time to avoid traces and visitors.