Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Why not encourage everyone to try something odd at least once?
Hello, Neat post. There is an issue along with your site in web
explorer, would check this? IE nonetheless is the marketplace leader and a
large part of other folks will miss your magnificent writing due
to this problem.
Avoid looking at your toenails if you have a phobia of them.
bean to cup coffee machines-to-cup machines make delicious coffee in a single step.
You can also select from 1 to 4 cups of coffee.
Pre-ground coffee and a medium grind are available, as well as it comes with
a water filter that can be removed.
Thanks on your marvelous posting! I definitely enjoyed reading it, you can be
a great author.I will make sure to bookmark your blog and may come back in the future.
I want to encourage you to definitely continue your great writing, have
a nice afternoon!
На сайте https://angara12.ru/ каждый желающий получает возможность приобрести печи-камины, каминетты, каминные топки, дымоходы, теплоизоляцию и многое другое на самых выгодных условиях, с оперативной доставкой и по доступной стоимости. Имеются хиты продаж, а также ожидаемые новинки, которые создадут в доме приятную, непринужденную атмосферу. Вся продукция отличается длительными эксплуатационными сроками. Она создана лучшими компаниями, которым точно можно доверять. Это подтверждают отзывы благодарных покупателей.
Please let me know if you’re looking for a author for your blog.
You have some really good articles and I think I would be a good asset.
If you ever want to take some of the load off, I’d love to write some material for your blog in exchange for a link back to mine.
Please shoot me an e-mail if interested. Regards!
Good post. I am facing a few of these issues as well..
Josh had accumulated data for years as the industry’s foremost expert, but he was stuck undertaking tedious and time-consuming study since no one else was interested in the topic.
dark market link legit darknet markets [url=https://darkmarketsweb.com/ ]white house market [/url]
However, it was difficult to find a solution since nobody could agree on the best place to eat, and nobody was satisfied wherever they went.
darknet dream market reddit reddit darknet markets 2021 [url=https://deepwebmart.com/ ]monopoly market link [/url]
Why do women allow males to be indifferent to household duties such as cleaning, food shopping, and pet care?
Greetings from Carolina! I’m bored to death at work so
I decided to browse your blog on my iphone during
lunch break. I enjoy the information you provide here
and can’t wait to take a look when I get home. I’m amazed at how fast your blog
loaded on my cell phone .. I’m not even using WIFI, just 3G ..
Anyhow, superb site!
The taxi was tardy. It was shocking to see that the inside was just as filthy as the outside and had not been cleaned in months. I don’t know whether it had lost its scent or if it just couldn’t compete with the other scents in the taxi. She had no option but to leave the premises and summon another taxi due to her delay.
Double glazing services are offered by Jack of Glass in High Wycombe.
Jack of Glass in High Wycombe offers double glazing services.
They also install new Doors High Wycombe,
glass splashbacks, and misted units.