Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
darknet websites darkmarket list
tor markets links dark web market list
tor markets deep web markets
deep web drug markets dark markets 2022
tor dark web darknet market
Hello! This post could not be written any better! Reading this post
reminds me of my old room mate! He always kept talking about this.
I will forward this post to him. Fairly certain he will have a good read.
Many thanks for sharing!
deep web drug links darknet websites
I was suggested this web site by my cousin. I’m no longer
certain whether or not this post is written by
him as no one else realize such distinctive about my trouble.
You are amazing! Thank you!
my site: travel businesses
tor marketplace tor market links
Tantric massage – [url=https://massagelosaltos.cyou/]thai massage[/url] masseuses massage[/url]
dark markets darkmarket list
dark market drug markets dark web
Great post thank you. 国产线播放免费人成视频播放 国产线播放免费人成视频播放 b是不是越日越大 日本成本人av无码免费
darknet marketplace bitcoin dark web
ivermectin in humans side effects ivermectin and fluvoxamine stromectol 12 mg tablets
deep web markets darkmarkets
drug markets dark web darknet drug market
deep web drug store tor dark web
stromectol 12 mg tablets stromectol for sale stromectol for humans for sale
drug markets onion deep web drug store
deep web drug url tor market
dark markets 2022 darknet marketplace
dark web drug marketplace darkweb marketplace
Hello, I log on to your blogs regularly. Your humoristic style is
witty, keep doing what you’re doing!
I was curious if you ever considered changing the structure of
your website? Its very well written; I love what youve
got to say. But maybe you could a little more in the way
of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only
having one or 2 images. Maybe you could space it out better?
Here is my webpage: настроить гитару
dark market 2022 tor market
[url=https://metformin.works/]glucophage xr[/url]
ivermectin head lice stromectol tablets for humans stromectol for humans for sale
tor dark web darknet markets
stromectol for sale ivermectin 1%cream stromectol tablets for humans
I always spent my half an hour to read this web site’s articles
or reviews all the time along with a cup of coffee.
drug markets dark web drug markets onion
darknet market lists onion market
stromectol tablets for humans stromectol for sale stromectol tablets for humans
darknet market list dark web market
darkmarket link darknet marketplace
deep web drug store darkmarkets
dark markets 2022 dark web link
dark market 2022 dark market url
I really like it whenever people get together and share
views.
Great website, keep it up!
dark market url darknet marketplace
We are a group of volunteers and opening a new scheme
in our community. Your website provided us with valuable info to work
on. You have done a formidable job and our whole community will be grateful to you.
best darknet markets deep web drug url
I am curious to find out what blog system you’re using?
I’m having some minor security problems with my latest site and I’d like to find something more safeguarded.
Do you have any suggestions?
dark market link drug markets dark web
I just couldn’t leave your website before suggesting that I extremely loved
the usual info a person supply for your visitors? Is going to be again continuously in order to investigate cross-check new posts