Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
cialis .uk tadalafil cialis by mail
Good day! This is my first visit to your blog! We are a
collection of volunteers and starting a new project in a community in the same niche.
Your blog provided us useful information to work on. You have
done a outstanding job!
drug markets dark web onion market
dark web link drug markets dark web
onion market dark markets 2022
what Is The Cost Of Cialis Without Insurance?
tor marketplace dark markets 2022
dark market darkmarket link
darkmarket 2022 deep web drug store
tor markets links tor marketplace
Good post. I learn something new and challenging on sites I stumbleupon every day.
It’s always exciting to read content from other writers and use something from their
sites.
Your mode of describing everything in this paragraph is
actually good, every one can effortlessly understand it, Thanks a lot.
dark market url tor market
достаточно обогревать космос, сжигая напрасно финансы на маркетинг!
– Энциклопедия результативного
маркетинга
dark market list tor market links
I’m impressed, I have to admit. Seldom do I come across a blog that’s equally educative and interesting,
and let me tell you, you’ve hit the nail on the
head. The issue is an issue that too few folks are speaking intelligently
about. I am very happy I came across this in my search
for something relating to this.
tor dark web darknet market lists
how To Stop Taking Cialis?
Greetings! Very useful advice within this post!
It is the little changes that make the largest changes.
Many thanks for sharing!
Awsome website! I am loving it!! Will come back again. I am bookmarking your feeds also
Feel free to surf to my blog commercial cleaning franchise
I’ve been exploring for a little bit for any high quality
articles or weblog posts on this sort of house . Exploring
in Yahoo I ultimately stumbled upon this web site.
Studying this information So i’m happy to express that I’ve a very excellent uncanny feeling I
discovered exactly what I needed. I most certainly will make
sure to do not put out of your mind this site and give it a glance regularly.
Hey there! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be
ok. I’m absolutely enjoying your blog and look forward to new posts.
This is a topic which is near to my heart…
Best wishes! Exactly where are your contact details though?
modafinil medication provigil 100mg usa buy modafinil 100mg
I love it when people get together and share thoughts.
Great website, keep it up!
cialis cheap online generic tadalafil 20mg india prolonged effects of cialis
cialis australia online stores generic version of cialis cialis price compare
buy cialis 20mg cialis pills viagra vs cialis hardness
white capped pionus parrot
darkmarkets darknet market
dark web drug marketplace darknet websites
dark market dark markets
dark web drug marketplace dark market
tor market url dark web markets
darknet markets dark web market links
darkmarket url dark web link
Online Crypto Casino
onion market dark market onion
cialis for sale on amazon cialis cialis 20 mg usa
The best way to find a Buy Cbd Vape Oil Near Me vape juice that meets your needs is to examine the size and strength.
You should consider the capacity of the tank in total as well as mg per milliliter.
The strength is determined by multiplying mg by the number of mL.