Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
darkmarket 2022 dark web sites
https://remont-stiralnoj-mashiny-kremenchug.biz.ua/
bitcoin dark web darkmarket
dark market 2022 dark market onion
CBD dog treats available for sale might be found at your local pet shop.
However, before you purchase any buy cbd Dog treats Uk
product, you need to know a few things about it.
The first is that you must verify the quality of the product.
Please let me know if you’re looking for a author for your weblog.
You have some really great posts and I believe I
would be a good asset. If you ever want to take
some of the load off, I’d love to write some material for your blog in exchange for a link back to mine.
Please send me an e-mail if interested. Kudos!
Perfect piece of work you have done, this website is really cool with superb information.
Feel free to visit my site … lucrative business opportunity
Hello! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
If you know of any please share. Many thanks!
The question of real sex versus having sex with a
doll (https://classifieds-vvng-com.cdn.ampproject.org/c/s/classifieds.vvng.com/author/ashtons3581) dolls is one of the most controversial topics in the
male-only relationships.
Only wanna input that you have a very nice website, I enjoy the design and style it actually
stands out.
My web-site carpet cleaning sydney
I got what you mean, appreciate it for posting.
Woh I am glad to find this website through google.
My site – professional cleaning
tor market url darkmarkets
darknet websites darknet websites
cialis buy cheap with master card sfter market cialis purchase brand cialis
cialis with out a prescription tadalafil without a doctor’s prescription roman cialis
Dirty Porn Photos, daily updated galleries
http://bdsm.vina.energysexy.com/?patricia
thai boys sex porn pics pig porn tubes tuesday porn young stirpsearch porn sites brazzers cartoon porn
deep web drug links tor markets
tor market dark market 2022
darknet market lists onion market
Awesome article.
Review my site – commercial contracts
buy provigil 200mg sale buy provigil 200mg generic
click here bornova escort
dark market 2022 deep web drug store
What is a unisex fragrance? Best Perfumes For Unisex; http://Mukade.Camera-Talk.Com/, scents are gender neutral fragrances and colognes.
They are available to both men and women. Here are
a few of our most loved unisex fragrances.
provigil uk
[url=https://gos-nomerov.ru/]Автономер дубликат[/url]
Решение по постоялый двор экстренно полезно для людей, кои утратили свой постоялый двор и хотят поездку, хоть бы, в течение отпуск. В такой переделки временные пластинки можно выжать шибко я мухой равным образом сразу же использовать. Что ни говорите не забываете, что город действительны чуть только в течение школа 30 дней. До истечения 30-дневного времени необходимо нанести визит Департамент автотранспорта, чтоб поворотить новый номерной ярлык, старый (не утерянный), регистрационную карточку и еще карточку машинного средства.
Автономер дубликат