Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
dark web drug marketplace Silkkitie market link [url=https://bestdarknetmarkets.com/ ]wallstreet market darknet [/url]
Very good info. Lucky me I recently found your site by accident (stumbleupon).
I have saved as a favorite for later!
viagra sildenafil 20 mg sildenafil citrate tablets 100 mg
I am truly thankful to the owner of this web page who has shared this enormous
post at at this place.
buy generic provigil 100mg modafinil 100mg cheap
http://www.kastamonusozcugazetesi.com/kategori/azdavay-escort/
Armani Code For Men was designed by Giorgio Armani code pour homme
and perfumer Antoine Maisondieu. This scent is very energetic and was
developed with a modern man in mind. It is a
refreshing, day- and night-time cologne.
http://www.kastamonusozcugazetesi.com/kategori/abana-escort/
torrez market darknet empire market darknet stats [url=https://darkwebdrugmart.com/ ]crypto market darknet [/url]
http://www.yalovaescortbayanlar.com/kategori/ciftlikkoy-escort/
torrez market link daeva market [url=https://darkmarketonions.com/ ]darknet market list [/url]
http://www.yalovaescortbayanlar.com/kategori/termal-escort/
darknet market noobs are there any darknet markets left [url=https://drugmarketersonion.com/ ]hansa darknet market [/url]
incognito market monopoly link [url=https://darkonlinemarket.com/ ]versus market url [/url]
Online loans provide many benefits. Unlike a traditional bank, you don’t have to endure the hassle of
a lengthy application procedure. Payday Loan Online loan websites online are becoming easier to access with easy tabs and
clear language.
Thank you, I have recently been looking for info approximately this topic for a while and yours is the best I have came upon till now.
But, what concerning the bottom line? Are you certain about the source?
my web site: black tumble.Dryer
Itss such as you read mmy thoughts! You seem too understand
so much about this, likke you wrfote the e book in it or something.
I believe hat yyou just could do with ome p.c.
to drive tthe message home a bit,but other than that, this is excellent blog.
A fantastic read. I will certainly be back.
I’m curious to find out what blog platform you happen to be
working with? I’m experiencing some minor security problems with my latest website and I
would like to find something more safeguarded. Do you have any recommendations?
Feel free to surf to my web site: kitchen design in sterling
stromectol for humans for sale ivermectin without a doctor prescription prescribing stromectol
http://www.yalovaescortbayanlar.com/kategori/cinarcik-escort/
best price for daily cialis tadalafil without a doctor’s prescription price of cialis 20 mg
stromectol for sale prescribing stromectol stromectol for sale
tor marketplace core market darknet [url=https://darknetwebsites.com/ ]best darknet market 2021 [/url]
buy clomid 50mg clomid clomid tablets for sale
tor market url darknet market empire [url=https://darknetdrugstores.com/ ]tor market darknet [/url]
monopoly link 2022 darknet market [url=https://darkmarketonline.com/ ]darknet market black [/url]