Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
best darknet markets dark web sites
dark web drug marketplace dark market list
I visited many websites except the audio feature for audio
songs current at this site is in fact fabulous.
tor markets tor market
dark market tor market
dark market 2022 darknet websites
darknet marketplace deep web drug url
dark market 2022 darknet drug market
dark web markets dark web sites
darkweb marketplace tor markets links
It is the best time to make some plans for the longer term
and it is time to be happy. I have read this post and if I may I want to counsel you some fascinating issues or suggestions.
Maybe you can write next articles relating to this article.
I want to learn more things approximately it!
Hi exceptional blog! Does running a blog such as this take a lot of work?
I have virtually no knowledge of coding but I was hoping to start my
own blog in the near future. Anyhow, should you have any suggestions or techniques for new blog owners please share.
I know this is off topic but I just had to ask. Thanks a lot!
Feel free to surf to my web-site; hiring commercial cleaning
darknet websites tor darknet
cialis drug interactions best price for daily cialis cialis super active vs professional
Если вы устали от ежедневной рутины, не можете найти в себе силы двигаться дальше, заниматься привычными делами, то нужно срочно что-то предпринимать. Первым делом, обратитесь за помощью к целителю, который лечит любовью Творца. После нескольких сеансов вы начнете больше себя любить и принимать со всеми недостатками. Сможете обрести покой, а потому качество жизни точно улучшится. На сайте https://xn--90achaapcwdrp1a9d0e0ae.xn--p1ai/ ознакомьтесь с концепцией целителя и его взглядом на жизнь. Он точно поможет в трудной жизненной ситуации.
deep web drug url dark market
darkmarkets deep web drug url
deep web markets deep web drug url
deep web drug markets tor market
darknet market dark web market links
Hello, I enjoy reading through your article post.
I like to write a little comment to support you.
Check out my page; flourish mental wellness ahwatukee
เล่น มายคราฟ สร้างบ้าน เล่น Pg slot สร้างเงิน มารู้จักเกมมายคราฟ เป็นเกมที่ผู้เล่นสามารถสร้างสรรค์ตัวละคร เเต่เกมPg slot ของเรา เล่นง่าย เเละยังได้ลุ้นรับเงินจำนวนมาก
dark market onion dark web link
tor market url tor market url
When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added”
checkbox and now each time a comment is added
I get several emails with the same comment.
Is there any way you can remove me from that service?
Appreciate it!
my blog post … sash window Refurbishments Wandsworth
buying cialis in south africa tadalafil 20mg brand cialis us
tor market dark web sites
buy modafinil pill buy provigil 200mg for sale
deep web drug markets dark markets 2022
cialis with dapoxetine buy cialis walmart price us pharmacy cialis
provigil 100mg us order provigil 100mg online cheap
It is essential to have an internet ddos protection.
This is an essential security feature. DDoS attacks typically are performed
through a network of computers controlled remotely known as botnets.
whoah this weblog is wonderful i really like studying your articles.
Keep up the good work! You know, lots of individuals are
searching round for this info, you can aid them greatly.
dark market list darkmarket list