Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Article writing is also a fun, if you be familiar with after that you can write otherwise it is complicated to write.
Spot on with this write-up, I seriously think this web site needs much more attention. I’ll probably be returning to see
more, thanks for the information!
darknet markets darknet market
dark market link dark web market
darknet market lists dark market onion
onion market dark markets
dark web markets dark web links
darknet market list dark market
darkmarket best darknet markets
dark web drug marketplace darknet websites
Really enjoyed this post.Really thank you! Keep writing. makaberzux
[url=https://indigo-school.ru]уроки английского для детей 5 лет онлайн[/url]
[url=https://indigo-school.ru]https://indigo-school.ru[/url]
[url=https://google.co.th/url?q=http://indigo-school.ru]http://www.searchdaimon.com/?URL=indigo-school.ru[/url]
tor markets links deep web markets
deep web drug store dark markets
tor markets 2022 dark web link
It’s going to be finish of mine day, but before end I am reading this
enormous paragraph to increase my knowledge.
dark web market links darknet marketplace
tor markets 2022 tor market url
darkmarket 2022 tor darknet
darkmarket link dark market list
This post is invaluable. Where can I find out more?
provigil uk modafinil 100mg oral
Hey there, I think your website might be having browser
compatibility issues. When I look at your blog site in Chrome,
it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping.
I just wanted to give you a quick heads up!
Other then that, awesome blog!
I like the composition. https://docs.google.com/document/d/e/2PACX-1vS7awucEpHLST0QdplYNeSI2DnDQ26Yhijp1i_ATA930dwpqAEF3YdcPWQFX7tojarztTWiy_FXvIjy/pub
dark market onion darkmarket url
darkmarket dark market url
dark web sites darknet market links
dark web market links drug markets onion
darkweb marketplace deep web drug markets
deep web markets dark market onion
darkmarket url tor markets links
darknet market links dark web markets
Web application firewall protection is crucial to safeguard
the web Application firewalls applications that are
part of an organization’s infrastructure. The WAF
(web application firewall) filters traffic to protect against
malware attacks as well as other forms.
tor dark web tor dark web
Here’s a look into some of the services that are offered by an Local Auto Locksmith locksmith
near me. Find out how much it will cost for a locksmith to rekey
a lock or replace a mailbox lock. You can also obtain transponder codes from the dealer.
dark market url dark market 2022
when Should You Take Cialis For It To Be Most Effective?
deep web drug url drug markets dark web
darknet market links darkmarket list
darkmarket dark market
tor markets links darknet markets
onion market darkmarket url
darknet drug store darknet drug market
deep web drug store best darknet markets
dark markets darknet market list
It’s not my first time to visit this site, i am visiting this web page dailly and obtain fastidious information from here everyday.
dark web links darknet drug links
dark markets 2022 dark market onion
tor darknet darknet market list
deep web markets deep web drug links