Visi dan Misi AHS Universitas Indonesia
Visi AHS Universitas Indonesia, meliputi:
Inovasi akademik melalui kolaborasi pelayanan kesehatan yang unggul untuk individu dan komunitas. (Academic innovation through collaborative outstanding health care for individual and communities).
Misi AHS Universitas Indonesia, meliputi:
- Menerapkan pelayanan kesehatan unggulan melalui inovasi berbasis bukti
- Menyelenggarakan pendidikan kedokteran dan kesehatan yang mutakhir dengan menjunjung tinggi etika dan moral
- Melaksanakan penelitian yang inovatif untuk meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dalam pelayanan kesehatan
- Menyelenggarakan tata kelola yang baik bagi smua anggota Academic Health System serta membina fasilitas kesehatan lainnya
- Mendukung dan memberikan masukan untuk perumusan kebijakan kepada pemerintah
Tujuan umum dari AHS Universitas Indonesia, meliputi:
- Menyediakan pendidikan yang bermutu untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional.
- Menerapkan Tridharma Perguruan Tinggi yang meningkatkan temuan riset secara khusus terkait kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, farmasi, dan kesehatan masyarakat, serta memperluas pengabdian kepada masyarakat melalui upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
- Meningkatkan kemitraan dengan fasilitas kesehatan lain guna memperkuat sistem pelayanan kesehatan baik di tingkat lokal maupun di tingkat nasional.
Tujuan khusus AHS Universitas Indonesia meliputi:
- Terwujudnya keselarasan antara pelayanan dan pendidikan kedokteran dengan sistem pelayanan yang berjenjang dan berkelanjutan
- Terwujudnya pengembangan tata kelola, organisasi, dan sistem manajemen yang kokoh untuk menyatukan tujuan, transparan, dan akuntabel dalam menilai performa kinerja internal maupun eksternal
- Terwujudnya AHS yang dapat tumbuh dan berkembang melalui kepemimpinan, struktur yang menunjang pengembangan klinis, keterlibatan dalam pelayanan komunitas, keselarasan penganggaran keuangan dan menghasilkan produk industri yang aplikatif (siap pakai).
- Terwujudnya peningkatan peran dan tanggung jawab kepala departemen, staf klinik dan perubahan struktur yang dirancang terutama agar pimpinan organisasi membimbing klinisi menuju era baru.
- Terwujudnya hasil pelayanan yang dapat dipertanggungjawabkan melalui diketahuinya mutu luaran klinis dan kinerja finansial antara rumah sakit pendidikan yang tergabung dalam AHS oleh pasien dan kostumer.
- Terwujudnya persaingan sehat dan misi jangka panjang yang membutuhkan perubahan besar dalam perhitungan biaya dan performa mutu.
- Terwujudnya aktivitas kesehatan masyarakat milik AHS UI dengan segera.
- Terwujudnya penilaian kekuatan dan kelemahan yang diperlukan untuk berubah serta pembangunan kultur organisasi yang baru oleh AHS.