Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Fantastic beat ! I wish to apprentice whilst you amend your web site, how
could i subscribe for a blog site? The account
aided me a appropriate deal. I were tiny bit familiar
of this your broadcast provided vibrant clear idea
вывод из запоя на дому недорого https://vivod-iz-zapoev.ru/
dark web search engine https://worlddrugsmarket.com/ drug markets onion
dark web drug marketplace https://darkmarket-world.com/ deep web links
Everything is very open with a precise clarification of the issues.
It was truly informative. Your website is useful. Thanks
unsecured personal loans for fair credit sharing!
medications for ed: medication for ed dysfunction – cheap erectile dysfunction
dark market 2023 https://heineken-drugs-online.com/ deep web markets
darknet drugs https://heinekenoniondarkmarket.com/ dark web markets
It’s awesome in favor of me to have a web page, which is good in support
of my know-how. thanks admin
tor markets links https://heinekenoniondarkweb.com/ dark web drug marketplace
the dark internet https://heinekenonlinedrugs.com/ deep dark web
вывод из запоя капельница на дому https://vivod-iz-zapoev.ru/
[url=https://promethazine.lol/]phenergan 25 mg tablet price[/url]
darknet market list https://worldmarketdrugsonline.com/ darknet market links
tor darknet https://worldoniondarkmarket.com/ drug markets onion
darkmarkets https://worldoniondarkmarket.com/ dark market 2023
If you desire to grow your familiarity simply keep visiting this web page and be
updated with the hottest news update posted here.
what are ed drugs: п»їerectile dysfunction medication – cheap erectile dysfunction
dark web link https://heinekenoniondarkweb.com/ deep web links
bitcoin dark web https://cypherdarknet.com/ dark market url
darknet site https://cypher-darkweb.com/ darkmarket
deep web markets https://heineken-onion-darkmarket.com/ dark web site
tor marketplace https://heineken-onion-market.com/ darknet markets 2023
darknet market list https://worldoniondarkmarket.com/ darknet market
dark websites https://worldmarketplace24.com/ deep web drug links
darknet marketplace https://world-market-place1.com/ darkmarket url
You revealed that superbly.
write your essays for you buy essay online write a research-based argumentative essay for or against health care for everyone.
круглосуточный вывод из запоя https://vivod-iz-zapoev.ru/
dark websites https://cypher-dark-market.com/ dark market
dark web link https://cypher-dark-market.com/ dark website
dark web access https://world-onion-market.com/ darkmarkets
bitcoin dark web https://world-onion-market.com/ dark web market links
To download free apps you have to visit apksbrand https://apksbrand.com/
A further issue is video games are usually serious anyway with the key focus on understanding rather than amusement.
Although, there’s an entertainment aspect to keep your sons
or daughters engaged, each one game is frequently designed
to focus on a specific experience or programs, such as instructional math or science.
Thanks for your posting.
My blog post :: Marijuana Addiction – http://gulsim.balabaqshasy.kz/,
deep web drug store https://cypherdarkmarketplace.com/ dark web access
Thanks for a marvelous posting! I actually enjoyed reading it,
you will be a great author.I will be sure to bookmark your blog and
definitely will come back from now on. I want to encourage continue your great job, have a nice day!
black internet https://world-drugsonline.com/ blackweb
darknet marketplace https://world-drugsonline.com/ darkweb marketplace
onion market https://heineken-onion-market.com/ darknet drugs
нарколог вывод из запоя https://vivod-iz-zapoev.ru/
tor marketplace https://cypheronlinedrugs.com/ deep web markets
deep web sites https://cypher-onion-darkmarket.com/ dark web market links
bitcoin dark web https://world-market-place1.com/ dark web drug marketplace
best darknet markets https://cypherdarkmarketx.com/ dark web sites links
darknet market list https://cypher-onlinedrugs.com/ dark web sites
https://sobraniemebel.ru/tolyatti/
darknet drug market https://world-drugs-market.com/ dark market 2023
An impressive share, I just given this onto a colleague who was doing a little analysis on this. And he in fact bought me breakfast because I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! But yeah Thnkx for spending the time to discuss this, I feel strongly about it and love reading more on this topic. If possible, as you become expertise, would you mind updating your blog with more details? It is highly helpful for me. Big thumb up for this blog post!
deep web search https://cypher-onion-market.com/ dark markets
Meus parentes cada vez mais dizem que eu estou
matando meu tempo aqui na internet, porém
eu sei que estou adquirindo conhecimento, todos os dias leio
textos muito bons como este e já ganho meu dia.