Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
you’re truly a just right webmaster. The site loading speed is incredible.
It sort of feels that you are doing any unique trick.
In addition, The contents are masterpiece. you have performed a
great activity in this subject!
I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and
was curious what all is needed to get setup? I’m assuming having a blog like yours would cost
a pretty penny? I’m not very web smart so I’m not 100% positive.
Any recommendations or advice would be greatly appreciated.
Appreciate it
I know this web page gives quality based articles and other
information, is there any other web site which provides these stuff in quality?
Awesome article.
Acc4d link slot maxwin hari ini yg bisa anda mainkan dengan modal receh untuk mendapatkan cuan
Very descriptive post, I loved that a lot. Will there be a part 2?
Have a look at my website; Mitzi
Good article! We are linking to this particularly great post on our website.
Keep up the great writing.
Franchising Path Carlsbad
Carlsbad, ⲤA 92008,United Stаtеs
+18587536197
Buy A Dutch Bros Franchise
It’s appropriate time too make a few plans for the longer term andd it’s time to be happy.
I’ve learn this publoish and if I may I wish to counsel you some attention-grabbing
things or tips. Perhaps you can write next articles referring
to this article. I want too learn even more issues about it!
코인거래소수수료
It’s enormous that you are getting ideas from this post as well as from our dialogue
made at this time.
This post is really insightful, especially the part on crypto stocks. Have you seen the recent forecasts on ecryptobit.com ethereum pages? They align well with your predictions.
Great job on this article! It’s packed with useful information and very engaging to read.
Hi, I do believe this is a great blog. I stumbledupon it 😉 I will return yet again since I bookmarked it.
Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to help other people.
Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say
that I’ve truly enjoyed surfing around your blog posts.
After all I will be subscribing to your feed and
I hope you write again very soon!
welcome you to BBO (as we visit to call bridge base).
we hope that which you will here, Base bridge eth.
Noida, the beautiful town of India, greets you with joy and pleasure. Dear Sir, if you are going to the mesmerizing city of India, doesn’t miss the opportunity.
Use the tools of responsible gambling: use taboos on account, loss and time of the jackbit session to maintain control, and https://world-games.online/ guarantee stable onlinegame for real funds.
Hello there! I know this is kinda off topic however I’d
figured I’d ask. Would you be interested in trading links or maybe guest authoring a blog post or vice-versa?
My site covers a lot of the same topics as yours and I think we could
greatly benefit from each other. If you happen to be interested feel free
to shoot me an e-mail. I look forward to hearing from you!
Awesome blog by the way!