Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh: Humas UI
darkmarkets tor market
the dark internet darknet site
dark websites deep web drug markets
tor marketplace deep web drug store
darknet drug links darkmarket
dark market darknet market lists
dark web site darknet websites
dark web search engine darknet websites
darknet market links dark web market list
darknet site tor market url
tor market how to access dark web
blackweb official website darknet drug store
tor marketplace darknet links
tor market url dark market link
dark web access tor dark web
onion market dark web search engine
the dark internet darknet sites
Tienda Nº 1 en Camiseta Barcelona
Encontrarás cada equipacion barça 2023 y ropa de entrenamiento de los clubs y selecciones nacionales para adultos y niños.
dark web market list how to get on dark web
Когда род человеческий размножился, люди начали объединяться и,
чтобы лучше оберечь себя, стали выбирать из своей среды самых сильных
и храбрых, делать их своими вожаками и подчиняться им.
Из этого родилось понимание хорошего и доброго в
отличие от дурного и злого. Вид
человека, вредящего своему благодетелю, вызывал у людей гнев и сострадание.
Они ругали неблагодарных и хвалили тех, кто оказывался благодарным.
Потом, сообразив, что сами могут подвергнуться таким же
обидам, и дабы избегнуть подобного зла, они пришли к созданию законов
и установлению наказаний для их
нарушителей. Так возникло понимание справедливости.
Вследствие этого, выбирая теперь
государя, люди отдавали предпочтение уже не самому отважному, а
наиболее рассудительному и справедливому.
Как продавать что угодно и кому угодно?
darknet drug links darknet drug links
dark website deep web drug markets
Since the admin of this site is working, no question very rapidly it will be renowned, due to its feature contents.
dark net deep web drug markets
dark market onion tor marketplace
dark web market links dark websites
dark web market list darkmarkets
drug markets dark web the dark internet
drug markets onion drug markets onion
deep web drug store tor marketplace
onion market darknet drug store
darknet drug store deep web search
darknet seiten darknet market links
onion market dark market url
darknet site darknet drugs
deep web drug url dark web links
dark web market list black internet
darknet site dark web market list
dark web sites links dark web market list
darknet market list dark web access
darknet websites darknet sites
Yesterday, while I was at work, my cousin stole my iPad and tested
to see if it can survive a twenty five foot drop, just so she can be a
youtube sensation. My apple ipad is now
broken and she has 83 views. I know this is entirely off topic but I
had to share it with someone!ข่าวกีฬา
darknet market links dark websites
tor market links deep web drug links
darknet drug links tor market links
dark web drug marketplace deep web drug links
black internet dark web links
dark web websites deep web sites
tor market links dark website
coreg uk where to buy coreg 12,5mg coreg cost