Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh: Humas UI
http://pillswithoutprescription.pro/# legitimate online pharmacy
https://edpills.pro/# ed medications list
https://pillswithoutprescription.pro/# canadian pharmacies prices
mexican pharmacies that ship: online canadian discount pharmacy – online pharmacy canada
ed meds online: ed meds online – buy ed pills online
top ed pills: over the counter erectile dysfunction pills – ed pills that work
new ed treatments: ed meds online – best male enhancement pills
http://edpills.pro/# best male enhancement pills
https://edpills.pro/# ed treatment pills
https://edpills.pro/# medicine erectile dysfunction
mexican pharmacy online: online pharmacies no prescriptions – canadian pharmacy androgel
http://edpills.pro/# buy ed pills
approved canadian pharmacies online: canadapharmacy com – approved canadian pharmacies online
order from canadian pharmacy: online pharmacies no prescriptions – most reputable canadian pharmacy
online pharmacies without prescription: certified canadian international pharmacy – top rated online pharmacies
https://pillswithoutprescription.pro/# top rated online pharmacy
best ed pill: the best ed pill – ed pills online
the generics pharmacy online delivery: certified canadian international pharmacy – canadian prescription drug prices
https://edpills.pro/# generic ed pills
https://edpills.pro/# medication for ed
https://edpills.pro/# natural ed medications
https://pillswithoutprescription.pro/# best canadian mail order pharmacy
http://pillswithoutprescription.pro/# canadian prescription pharmacy
http://pillswithoutprescription.pro/# canada drugs without perscription
http://edpills.pro/# medicine for erectile
https://pillswithoutprescription.pro/# pharmacy drugstore online
natural ed medications [url=https://edpills.pro/#]ed pills for sale[/url] best erectile dysfunction pills
http://pillswithoutprescription.pro/# canadian meds without prescription
http://pillswithoutprescription.pro/# canadian pharmacy worldwide
https://pillswithoutprescription.pro/# the generics pharmacy online delivery
https://pillswithoutprescription.pro/# canadian pharmacy tadalafil
https://edpills.pro/# ed treatments
http://edpills.pro/# ed meds
http://edpills.pro/# best male ed pills
http://edpills.pro/# ed pills
http://edpills.pro/# what is the best ed pill
next
http://edpills.pro/# best ed drugs
http://edpills.pro/# impotence pills
http://edpills.pro/# ed pills that work
http://edpills.pro/# cheap erectile dysfunction pill
http://pillswithoutprescription.pro/# canadian pharmacieswith no prescription
https://edpills.pro/# ed pills that work
https://pillswithoutprescription.pro/# ed meds online without doctor prescription
http://pillswithoutprescription.pro/# canadian prescription drugs
http://edpills.pro/# online ed pills
best male ed pills: ed meds online – non prescription erection pills
http://edpills.pro/# ed treatment pills
http://edpills.pro/# erectile dysfunction medications
cures for ed [url=http://edpills.pro/#]ed meds online[/url] cures for ed