Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
darknet market links deep web drug markets
drug markets onion dark web markets
cialis original buy tadalafil over night cialis
tor markets deep web drug store
deep web drug links darknet drug market
dark market list darknet drug links
I got what you intend, appreciate it for posting.
Woh I am pleased to find this website through google.
Review my web-site :: House Cleaning Services Duluth
darkmarket 2022 tor markets links
deep web drug store darkmarket
deep web markets dark markets 2022
buy cialis black au tadalafil cialisnonprecription
drug markets dark web darkweb marketplace
tor marketplace dark market link
generic cialis discreet buy buy tadalafil buy dapoxetine with cialis
I think that is one of the such a lot important info for me.
And i’m happy studying your article. But wanna statement on few general issues,
The website taste is ideal, the articles is really excellent :
D. Just right job, cheers
Here is my site: my story isn’t over yet gilbert
deep web drug store darkmarket
dark market onion deep web markets
Thanks for your personal marvelous posting!
I truly enjoyed reading it, you may be a great author.
I will make sure to bookmark your blog and will
eventually come back at some point. I want to encourage you
to definitely continue your great writing, have a nice afternoon!
dark market 2022 darknet market links
Hey! Do you know if they make any plugins to assist with
SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but
I’m not seeing very good gains. If you know of any
please share. Cheers!
deep web drug links dark web market links
I got what you intend, regards for putting up. Woh I am pleased to find this website through google.
My blog post :: Commercial Cleaning Atlanta
CBD treats for dogs are safe, unlike CBD oil for humans that is a hit.
While many people are hesitant of giving their pets CBD
without doing their research The results are promising.
Cbd Dog Treats Uk can help boost your dog’s
health and well-being.
It’s fantastic that you are getting ideas from this article as well
as from our argument made at this place.
My blog post; lockout
brandcialis tadalafil 20mg best price viagra vs. cialis
It’s hard to find educated people about this
subject, but you sound like you know what you’re talking about!
Thanks
Thanks for the auspicious writeup. It in fact was once a amusement account it.
Look complicated to far delivered agreeable from you! However, how can we keep in touch?
You can purchase edibles online whenever you’re
ready to indulge in cannabis. Online purchasing of cannabis products
has many benefits. For instance you can Buy edible online specific products at the convenience of your own home.
tor market links drug markets onion
Thanks for sharing your thoughts about http://rcmq.blog/profile/laynenellis3354/. Regards
You are not the only one who has had to deal with a damaged
Upvc window repairs windows.
There are many typical reasons why people pick uPVC windows.
They are also waterproof as well as energy efficient.
They can also be painted any color you want.
darknet drug store deep web drug markets