Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
darknet market tor market links
darknet market lists dark markets
tor darknet dark web market list
dark web markets darkweb marketplace
darknet drug links darknet markets
cialis vs viagra reddit tadalafil without a doctor’s prescription generic cialis india
dark market url dark market list
One Assessment Of Adult Adhd
the reasons individuals don’t perform well on their jobs is the short attention spans.
Whether they’d like to pay attention for 15 minutes, that’s good, while not good enough to
finish their operate on time.
%%
my homepage; window repair Near me
dark web link darknet market
What’s up Dear, are you actually visiting this site regularly, if so afterward
you will definitely obtain good experience.
when Is The Best Time To Take Cialis?
dark web links tor dark web
It is essential to locate an Locksmith Nearme
who is located near to you. It not only makes it easier to complete
the procedure, but it reduces stress. You’ll receive an update on the
progress of your project, and a baseline price estimate.
dark web markets deep web drug markets
dark market url darknet websites
how much cialis to take tadalafil without a doctor’s prescription generic cialis (tadalafil) 20mg 30
drug markets onion deep web markets
dark market onion dark web drug marketplace
darknet market dark web links
dark market 2022 dark web market links
What’s up, I desire to subscribe for this website to obtain hottest updates, thus where can i do it please
help.
deep web drug store dark web market
The internet offers a variety of benefits for both bookmakers and
bettors. Apart from allowing gamblers to place
bets on their favorite sport betting websites also help them make
money. They offer a range of deposit options.
my blog casino
Great post.
Feel free to visit my blog post … atlanta commercial cleaning
darkmarkets dark web link
tor markets dark web links
Heya this is kinda of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to
manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding skills so I
wanted to get guidance from someone with experience.
Any help would be enormously appreciated!
my web-site :: commercial carpet cleaning
how Long Does Cialis To Take Effect?
tor market url tor darknet
Служба дезинфекции https://expert.ru/2021/06/2/osobennosti-vybora-sluzhby-dezinfektsii/
в Москве
purchase cialis with paypal best price for daily cialis cialis online canadian
best darknet markets dark web sites
darknet market darkmarket list
dark web market links darkmarket list
tor market url tor markets links
dark web market list dark web market
It’s perfect time to make some plans for the future and it is time to be happy.
I’ve read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or tips.
Maybe you can write next articles referring to this article.
I desire to read more things about it!
dark web market dark market url
us pharmacy cialis buy tadalafil cialis generic dapoxetine
is cialis as effective as viagra tadalafil 20mg buy viagra cialis mix online
darknet drug market darknet market links
dark market onion darknet market lists