Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
เนื้อหานี้ดีมากเลย สาระเกี่ยวกับปกโปโลมันชวนอ่านสุดๆ ตัวเองไม่ค่อยเข้าใจมาก่อนว่าส่วนนี้มีความสำคัญต่อบุคลิกขนาดนี้ ถูกใจที่เขาเล่าให้เห็นภาพว่าตัดสินใจปกแบบไหนถึงจะลงตัวกับเรา
Here is my blog เสื้อโปโลคุณภาพ
Добро пожаловать в Vodka Casino, где каждый найдет что-то для себя!
Здесь вас ждут потрясающие бонусы, захватывающие слоты и невероятные
возможности для выигрыша. Водка автоматы вход.
Почему стоит выбрать Vodka Casino?
Простой в использовании сайт для всех игроков.
Большие выигрыши с каждой ставкой.
Частые бонусы для новичков и постоянных игроков.
Удобные методы депозита и вывода средств.
Начните играть в Vodka Casino и выиграйте прямо сейчас!
https://classic-blog.udn.com/41455536/182837732
To achieve the proper steadiness of consolation and formality, we’ve included tea size mother of the bride dresses, too.
Hi, all is going nicely here and ofcourse every one is sharing facts,
that’s in fact excellent, keep up writing.
Nіce blog! Is your heme custom made oor did you ԁownload it from
somewhere? A design like ours with a fewѡ simple adjustements would really make my blog jump out.
Please lеt me knbow wnerе you got your design. Cheers
Also visit my blog post; Thanks for sharing your info. I truly appreciate your efforts and I will be waiting for your next write ups thank you once again.
Bắt đầu mua Zoom bản quyền theo tháng ngay hôm nay!
Đừng để những rào cản thanh toán quốc tế hay khó khăn kỹ thuật cản trở bạn sử dụng Zoom bản quyền. Hãy để muazoom.com giúp bạn mua Zoom bản quyền theo tháng dễ dàng, tiết kiệm và chuyên nghiệp nhất. Truy cập muazoom.com hoặc liên hệ – Zalo OA để nhận tư vấn miễn phí và kích hoạt tài khoản ngay trong 5 phút!
https://muazoom.com/mua-zoom-ban-quyen-theo-thang-gia-re/
Hi there mates, its fantastic paragraph concerning tutoringand fully
explained, keep it up all the time.
https://marketing-all-business.s3.us-east-005.backblazeb2.com/20250522-6/research/cz-marketing-(22).html
Reviewers describe it as very slimming and say the
beadwork is beautiful.
It’s awesome to go to see this website and reading the views of all mates concerning this piece of writing, while I am also zealous of getting experience.
เนื้อหานี้สุดยอดมากเลย ข้อมูลเกี่ยวกับขอบคอโปโลมันชวนอ่านสุดๆ
ตัวเองแทบไม่รู้มาก่อนว่าส่วนนี้มีอิทธิพลต่อสไตล์ขนาดนี้ ถูกใจที่ผู้เขียนขยายความให้เข้าใจว่าหาขอบคอแบบไหนถึงจะลงตัวกับตัวเอง
my blog – เสื้อคอปก
Hey very nice blog!