Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
Hey! Would you mind if I share your blog with my twitter group?
There’s a lot of folks that I think would really appreciate your
content. Please let me know. Many thanks
my web site; addiction treatment using music therapy
Hey there would you mind letting me know which web host you’re
working with? I’ve loaded your blog in 3 completely different browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most.
Can you suggest a good web hosting provider at a reasonable price?
Thanks, I appreciate it!
My website 1:1 super clone watches
Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it.
Look advanced to more added agreeable from you! By the way, how could we communicate?
My blog – 슈퍼로또코리아
บทความนี้สุดยอดมากเลย ข้อมูลเกี่ยวกับคอโปโลมันน่าสนใจสุดๆ ก่อนหน้านี้ข้าไม่ทราบเลยว่าขอบคอจะกำหนดตัวตนได้มากขนาดนี้ ประทับใจที่เขาขยายความให้เข้าใจว่าหาปกแบบไหนถึงจะลงตัวกับตัวเอง
my site … เสื้อคอปก
Thank you for every other excellent article. The place else could anybody get that type of information in such a perfect means of writing?
I have a presentation next week, and I am on the look for such information.
my website … How Music Therapy is Revolutionizing Addiction Recovery
My spouse and I absolutely love your blog and find almost all of your post’s to be just what I’m looking for.
Would you offer guest writers to write content
available for you? I wouldn’t mind publishing a post
or elaborating on most of the subjects you write regarding here.
Again, awesome blog!
Visit my blog; Alcoholism treatment in NJ
I don’t even know how I ended up here, but I thought this post
was good. I do not know who you are but certainly you are going to a famous blogger if you aren’t already 😉 Cheers!
“Buy Verified PayPal Account” involves the acquisition of pre-verified PayPal accounts, which can offer advantages such as increased transaction limits and added trustworthiness for online payments. While this may seem appealing for individuals or businesses looking to expedite their financial operations, it is important to understand the risks involved. Purchasing such accounts can lead to issues like fraud and potential violations of PayPal’s terms of service, risking account suspension and loss of funds. It is generally recommended to create and verify your own PayPal account to ensure security and compliance with applicable guidelines.
WOW just what I was looking for. Came here by searching for portfolio career coaching dubai
https://digi563sa.z8.web.core.windows.net/research/digi563sa-(140).html
Most of the combos I characteristic here include nice jackets.
Hello, the whole thing is going perfectly here and ofcourse every one is sharing facts, that’s really fine,
keep up writing.
My web page link slot gacor maxwin terbaru hari ini
Geat work! That is the kind of inbfo that are supposed to be shared around the internet.
Disgrace on the seek engines for not positioning this post higher!
Comme on over and seek advice from my site . Thaznk you =)
카드현금화
บทความนี้ดีมากเลย เนื้อหาเกี่ยวกับปกโปโลมันน่าสนใจสุดๆ ตัวเองไม่เคยเข้าใจมาก่อนว่าส่วนนี้มีอิทธิพลต่อสไตล์ขนาดนี้ ชอบที่คนเขียนขยายความให้เห็นภาพว่าตัดสินใจคอแบบไหนถึงจะเข้ากับตัวเอง
Also visit my web-site … สกรีนเสื้อโปโล