Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
After I originally left a comment I seem to have clicked on the -Notify
me when new comments are added- checkbox and from now on whenever
a comment is added I receive four emails with the
same comment. Perhaps there is an easy method you can remove me from that service?
Appreciate it!
Review my web site :: lock Smith crawley
darkmarket list darknet drug market
darknet markets drug markets dark web
darknet market links darkmarket url
best darknet markets tor darknet
bitcoin dark web dark markets
dark market url dark markets
onion market deep web drug links
Big Ass Photos – Free Huge Butt Porn, Big Booty Pics
http://yabbadabbdopornshallotte.topanasex.com/?stella
porn video free aunty porn free org aquaphilia porn russia porn videos free free porn tube pissing
darknet market links tor markets 2022
tor darknet darknet marketplace
tor markets 2022 dark market 2022
darknet marketplace tor market
darkweb marketplace tor market
darknet market dark web drug marketplace
bitcoin dark web tor darknet
deep web drug markets tor darknet
tor darknet darknet drug store
Greetings! Very helpful advice within this article!
It is the little changes that make the greatest
changes. Thanks a lot for sharing!
best darknet markets darknet drug links
buy generic 100mg viagra online sildenafil 20 mg online doctor prescription for viagra
deep web drug links darknet market list
dark market darkmarket
dark market list tor dark web
dark market link darknet markets
Hi there everyone, it’s my first pay a visit at this website, and paragraph is genuinely fruitful in favor of me, keep up posting such articles or reviews.
darknet drug links dark market onion
darkweb marketplace best darknet markets
tor market tor markets 2022
darknet websites tor market links
buy real viagra online where to buy viagra online viagra online usa
It is recommended to employ a North london windows window company in the event that your
window breaks. They are highly skilled and will give
you a a high-quality result.
drug markets onion dark web market
Here is my homepage girl on top Porn
dark market link tor markets
tor markets links tor dark web
dark web drug marketplace tor darknet
provigil 100mg without prescription order provigil 100mg pill
dark market url darknet markets
darknet market tor markets
deep web markets drug markets onion
tor market url darknet drug store
dark market onion darknet drug market
ラブドール 小型 コンテンツの魅力的なコンポーネント。私はあなたのウェブサイトとアクセッションキャピタルに偶然出くわし、あなたのウェブログの投稿を実際に愛されていると主張しました。
darkmarket darkmarket list
darknet market dark market
drug markets onion darknet drug links
IXFI is the first crypto trading platform that serves
as a complete alternative to banks. Fast transfers, crypto loans, and card solutions are just some of the
tools that will help you trade crypto assets on a whole new
level.
What’s Happening i’m new to this, I stumbled upon this I have discovered It absolutely
helpful and it has helped me out loads. I’m hoping to contribute
& help other users like its aided me. Good job.
After exploring a few of the blog posts on your site,
I seriously appreciate your way of blogging.
I bookmarked it to my bookmark site list and will be
checking back soon. Takke a look at my web site as well and tell me how you
feel.
Here is my homepage :: Antalya Serik nakliye