Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
how to access dark web blackweb official website
darkmarket 2023 blackweb official website
dark web market list dark web market
I’m not that much of a internet reader to be honest but your sites really nice, keep it up!
I’ll go ahead and bookmark your site to come back later
on. Many thanks
dark markets 2023 bitcoin dark web
deep web drug markets deep web drug store
deep web search dark websites
dark web drug marketplace dark web market
tor markets dark markets
free dark web darkmarket url
situs slot shopeepay tanpa potongan gampang menang maxwin hanya di Wishbet88
tor market deep web drug store
dark web drug marketplace deep web links
canadian pharmacy in canada [url=https://pharmfd.com/#]canadian mail order pharmacy[/url] best canadian pharmacy
dark net dark web sites
Thanks for sharing your thoughts about crypto casino. Regards
darknet websites tor markets links
Good day! I know this is somewhat off topic but I was
wondering if you knew where I could locate a captcha
plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours
and I’m having trouble finding one? Thanks a lot!
Also visit my website – alcohol rehab
deep dark web darkmarket list
deep web drug url deep web drug markets
darkmarket list dark market
darknet market lists darknet markets
tor markets links dark web site
darknet drug market darkmarket
I believe people who wrote this needs true loving because it’s a blessing.
So let me give back and tell you exactly how to do change your life and
if you want to have a checkout I will share info about how
to get connected to girls easily and quick Don’t forget..
I am always here for yall. Bless yall!
It’s appropriate time to make a few plans for the longer term and it’s time to be happy.
I’ve learn this submit and if I could I want to recommend you few interesting
things or tips. Perhaps you can write subsequent articles referring to this
article. I wish to read even more issues about it!
my web site Best Thailand Wellness Center
bitcoin dark web dark web markets
how to access dark web dark web market list
tor darknet deep web drug url
deep web drug url darkweb marketplace
darkmarket link tor markets links
onion market tor market
darknet drugs darknet site
free dark web tor market
ラブドール 100cm ダッチワイフのヘアピースのお手入れ:人形のヘアピースを許容できる状態に保つ方法
dark web markets tor dark web
You are amazing! Thanks!
dark web link dark market onion
dark web links dark web links
tor market links darknet market
tor market url drug markets onion
deep dark web deep web search
What is romance to a woman
[url=https://celebrexcelecoxib.online/]celebrex 100mg capsule[/url]
dark web markets darknet links
darknet market list tor darknet
Hadiah jackpot yang sangat besar dan beragam keseruan main slot online pastinya bisa kamu rasakan di bocoran rtp big777. Dengan modal receh yakni sebesar 20.000 saja, kamu bisa memainkan semua game slot online terbaik dari situs Big777. Dalam bocoran rtp big777 kamu juga bisa menemukan pilihan provider slot online terbaik, cara bermain, dan hal lainnya yang berkaitan dengan taruhan uang asli. Big777 adalah link nama nama bandar judi slot online pasti jackpot hari ini. Join sekarang juga yuk!
dark web search engine darknet links
dark website darknet links
dark web search engines tor market