Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
dark market url dark web market list
darknet seiten tor dark web
tor markets dark web market links
blackweb official website dark market
darknet drug links dark market 2023
darknet sites darkmarket url
dark market 2023 tor market url
blackweb official website dark website
dark market url darknet drug market
tor markets darknet market links
darkmarket url dark web link
My spouse and I stumbled over here different web page and thought I might check
things out. I like what I see so now i am following you. Look forward to checking out your web
page for a second time.
I constantly emailed this web site post page to all my contacts, because if like to read it then my contacts will too.
Feel free to surf to my page thailand rehab Centres
dark web sites links dark web market
tor market links dark web sites
darkmarket list how to get on dark web
deep web drug links deep web sites
darknet seiten dark web search engine
Должен Вам сказать это — ложный путь.
перевод [url=https://www.alessandrocavalloblog.it/2018/12/26/quick-eye-makeup/]https://www.alessandrocavalloblog.it/2018/12/26/quick-eye-makeup/[/url] с английского на русский сделан онлайн яндекс.
dark web access darknet drugs
darknet websites dark internet
Hi! This is my first visit to your blog! We are a group of volunteers
and starting a new project in a community in the same niche.
Your blog provided us valuable information to work
on. You have done a marvellous job!
https://indiapharmfd.com/# Online medicine order
tor darknet tor market url
tor markets dark market
darknet market lists tor darknet
medication for ed dysfunction: ed medications online – ed medications list
tor marketplace dark web search engine
dark web market dark web sites
darknet market lists dark web websites
dark website dark web sites links
Definitely consider that that you stated.
Your favourite reason seemed to be on the net the simplest factor
to have in mind of. I say to you, I definitely get irked whilst other people consider issues that they plainly don’t recognise about.
You controlled to hit the nail upon the highest and also outlined out the whole thing
with no need side-effects , people can take a signal.
Will probably be back to get more. Thanks
darknet market links tor marketplace
https://indiapharmfd.online/# indian pharmacy online
treatment of ed: ed medications online – ed pills that really work
bitcoin dark web tor marketplace
darknet market lists dark internet
Heya i am for the first time here. I found this board and I in finding It really
helpful & it helped me out much. I’m hoping to offer something again and help
others such as you helped me.
What’s up to all, it’s truly a nice for me
to go to see this web page, it includes precious Information.
darknet search engine darknet sites
tor marketplace onion market
dark web websites dark web sites links
dark markets 2023 dark market
dark web websites best darknet markets
drug markets onion deep web drug markets
[url=https://motilium.charity/]buy motilium canada[/url]
dark markets tor markets 2023
tor markets links tor markets 2023
Link exchange is nothing else except it is just placing the other person’s web site link on your
page at proper place and other person will also do same for you.
how to get on dark web darknet drugs