Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
%%
my web page ghost immobiliser fitting near me (http://www.Usme.com.co)
https://datingtopreview.online/# single senior dating sites
[url=https://datingtopreview.online/#]match dating website[/url] mature nl lesbian
I couldn’t resist commenting. Very well written!
%%
my homepage :: love doll silicone
Spot on with this write-up, I absolutely believe that this website needs a great deal
more attention. I’ll probably be returning to read more,
thanks for the advice!
Feel free to surf to my blog post; shop avon catalog online
%%
My web site; emergency Locksmiths
%%
Look into my homepage :: silicone sexual Doll
%%
Here is my webpage: Ghost immobilizer
%%
Take a look at my web blog … Mesothelioma Commercial; alacumba.com,
%%
My homepage; wooden Windows Barnet
I really love to read such an excellent article. Helpful article. Hello Administ .
%%
My website: double glazed Doors
Medicament information leaflet. What side effects?
synthroid pills
Best trends of drugs. Read information now.
%%
My web site silicone doll for men
https://datingtopreview.com/# yahoo dating personals
With havin so much content do you ever run into any problems of
plagorism or copyright violation? My blog has a lot of exclusive content I’ve either authored myself
or outsourced but it appears a lot of it is popping it up all over the
internet without my agreement. Do you know any methods to help stop content from being stolen? I’d really appreciate
it.
%%
Here is my site silicon Wife
%%
My web page :: Mesothelioma Diagnosis
%%
My web page – modern wood Burning stove
%%
my page: Fire suite Electric
%%
Also visit my blog mesothelioma settlement (Latonya)
%%
my homepage – double glazing replacement glass (Angel)
online datings free singles dating search
dark web site blackweb official website
%%
Also visit my blog post … cheap Local electrician
%%
Feel free to visit my web blog :: Auto Locksmiths Near Me
darknet markets dark web sites
%%
Here is my web-site: Silicon Sexdoll
%%
My blog mesothelioma law
%%
Also visit my page – truck Injury lawyer
%%
Review my blog post; electric Suites fireplaces
%%
Review my site best eye cream For dark circles
%%
Here is my web page … Silicone Doll For Men
%%
Also visit my blog Silicone Wives
%%
Review my webpage: Replacement double Glazing Glass
%%
my page … truck accident lawyer near me
%%
Here is my web-site; netsuite oracle advisor
%%
Here is my homepage: Double.glazing
%%
my web-site: locksmiths
%%
Also visit my homepage; electric Log burner suite
%%
my blog post – Ghost Car Alarm
%%
Feel free to visit my page; silicon dolls
darknet seiten darknet marketplace
meet and fuck dating sites really free
Hi there! I just wish to offer you a huge thumbs up for
your great information you have here on this post.
I’ll be returning to your site for more soon.
Drugs prescribing information. Drug Class.
colchicine tablets in USA
Everything what you want to know about medicines. Read here.
tor markets darknet links
[url=Https://mixer-bitcoin.org/]
cryptomixer[/url]
mixer eth
An interesting discussion is worth comment.
I believe that you ought to publish more on this subject matter, it may not be
a taboo matter but usually folks don’t discuss such subjects.
To the next! Best wishes!!
%%
Also visit my web-site – silicon Sexdolls