Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
deep web links how to access dark web
%%
Visit my blog – lottery singapore (Domenic)
dark web search engine dark websites
tor markets links black internet
%%
my web site; sbobet (https://www.landes.fr)
%%
my homepage: window Doctor harrow
tor markets links darknet seiten
%%
Here is my homepage – poker online, ixion.astroempires.com,
blackweb official website darknet drug links
Wow, this paragraph is fastidious, my younger sister
is analyzing these kinds of things, so I am going to let know her.
Hello! I’ve been reading your weblog for some time now and finally got the bravery to go ahead
and give you a shout out from Humble Tx! Just wanted to
say keep up the excellent job!
My web blog – Alcohol Addiction
%%
Take a look at my webpage; pragmatic play (Ya-cdn.ru)
%%
Visit my web-site :: Repair upvc window
%%
Also visit my website; pragmatic play (Allie)
%%
Here is my homepage: Lottery (https://Shorl.Com/)
%%
Here is my page – joker123 (http://www.Bing.Com)
dark web access deep dark web
dark web sites blackweb
dark web markets dark website
%%
Feel free to surf to my homepage; Lottery; http://www.caprano-placement.de,
%%
Take a look at my site … upvc door and window
%%
Feel free to surf to my blog … pragmatic play (assettocorsamods.net)
I think other website proprietors should take this site as
an example, very clean and good user genial layout.
Feel free to visit my homepage – Alcohol Addiction (Antonia)
dark market darknet market lists
tor markets 2023 darkmarket list
dark web market darknet market
deep web drug url dark web site
drug markets onion dark internet
%%
Also visit my blog Joker123 (Childrensheartland.Net)
Papaya Cake
This is absolutely useful and impressive blog site. Keep up the good work!
deep dark web how to get on dark web
[url=https://herbapproach.com/product/romulan-strain/]Papaya Cake[/url]
http://herbapproach.com/product/romulan-strain/
%%
my web blog Double Glazing Replacement
dark web link darknet drugs
darknet markets darkmarket 2023
%%
Also visit my blog; lottery singapore (Boris)
%%
Look at my web-site: hinges for double glazed windows chelmsford – https://www.floheal.Com
–
dark market onion deep web drug links
Everything is very open with a clear explanation of the challenges.
It was truly informative. Your site which Poker Room is best in asia? very helpful.
Many thanks for sharing!
deep web drug store dark internet
darkmarket 2023 dark web search engines
darknet drugs darknet sites
best darknet markets darknet site
dark web site deep dark web
fake residence permit
darknet site deep web search
Magnificent beat ! I would like to apprentice while you amend your web site, how can i subscribe for a blog website? The account helped me a acceptable deal. I were tiny bit familiar of this your broadcast offered bright transparent idea.
Feel free to visit my homepage :: https://sustainabilipedia.org/index.php/How_Take_Away_A_Skin_Tag
deep web search tor markets
Very good info. Lucky me I ran across your blog by accident (stumbleupon).
I have saved it for later!
tor markets darknet marketplace