Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
dark net darknet drugs
deep web sites dark web site
pin up
%%
Also visit my website; Injury Lawyers
%%
Feel free to surf to my web page: oracle Advisors
%%
my webpage … Netsuite Erp guide
deep dark web dark market url
%%
My homepage – legal cbd Shop
You actually suggested it perfectly!
[url=https://essaywritingservicehelp.com/]email writing for amazon customer service[/url] history essay writing service [url=https://essaywritingservicebbc.com/]best essays writing service[/url] essay writing examples pdf
Great blog here! Also your website so much up very fast!
What host are you the use of? Can I get your affiliate hyperlink for your host?
I desire my web site loaded up as fast as yours lol
%%
my blog post Ilford Door and window
%%
Here is my webpage motorcycle accident lawyers milbank
%%
Feel free to surf to my web page :: Motorcycle accident case
%%
My site: cbd uk
pin-up casino hileleri
pin up casino azerbaijan
Thank you a bunch for sharing this with all of us you really
know what you are speaking approximately! Bookmarked.
Kindly additionally seek advice from my site
=). We will have a hyperlink trade agreement among us
%%
Here is my webpage door lock repairs
%%
My website – Double Glazing Replacement Seals Stevenage – http://032-873-1002.Bizweb.Kr/Bbs/Board.Php?Bo_Table=Qna&Wr_Id=36344,
tor market links how to access dark web
Cheers! Lots of info.
[url=https://essaypromaster.com/]do my paper[/url] i need someone to write my research paper [url=https://paperwritingservicecheap.com/]papers writers[/url] write my paper for cheap
pin up casino azerbaijan
darknet links darknet sites
pin up
how to get on dark web dark web market
drug markets dark web darknet markets
%%
Look into my site … netsuite Erp advisor
%%
Also visit my website: Erb’s Palsy Lawyers
%%
Also visit my web page :: motorcycle accident claim compensation
%%
My blog – pericardial asbestos (Celia)
dark market deep web links
%%
Here is my blog … car key inside door locked out
https://wiki.sports-5.ch/index.php?title=Utilisateur:JeniferDonahue
%%
Feel free to surf to my web blog; door fitters peterborough [Mary]
Position clearly used..
[url=https://phdthesisdissertation.com/]doctoral dissertation help qualitative[/url] dissertation for bachelor degree [url=https://writeadissertation.com/]phd research proposal[/url] can someone write my dissertation for me
%%
Also visit my webpage :: boating claim in My area
%%
my website; upvc sash windows Enfield
%%
Also visit my webpage; motor vehicle lawyer (https://uaeplusplus.com/openwebsite.aspx?url=vimeo.com%2f707155624)
fantastic issues altogether, you simply received a emblem new reader.
What could you recommend in regards to your post
that you made a few days in the past? Any positive?
Also visit my blog post; mental treatment centers near me
%%
My page … Boat accident Lawsuit
Great delivery. Great arguments. Keep up the great effort.
Also visit my page :: Dara Rehab
%%
my web-site – window replacement (cast3d.co.kr)
Deposit bonuses aree financial incentives supplied to players who fill their accounts at an on line casino.
Also visit my blog post; 카지노사이트
tor markets 2023 dark web markets
deep web sites dark markets
how to access dark web deep web drug store
You are required to meet government needs to obtfain your ITIN.
My blog post Best Casino Site
[url=https://zajmy-s-18-let.ru/]Займы с 18 лет[/url]
Эпизодически жалует ятси взять займ, Нам что поделаешь элита, куда перерости, А ТАКЖЕ конца-краю утратить собственные шуршики что ни попало, Но кае же хоть отыскать помощь?
Займы с 18 лет
Русское домашнее частное видео
Whoa a good deal of beneficial information.
[url=https://customthesiswritingservice.com/]thesis statement[/url] good argumentative thesis statements [url=https://writingthesistops.com/]thesis statement about online learning[/url] assessment of service delivery natural resource management thesis