Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
darknet market dark net
dark website darknet markets
dark market 2023 tor markets
dark markets 2023 darknet drug links
%%
My web blog: Neck Injury Claim compensation
deep web sites dark web market list
darknet markets dark web site
acheter cialis en toute securite cialis sans ordonnance paris acheter cialis generique
darkweb marketplace dark market
Excellent blog here! Also your web site loads up very fast!
What host are you using? Can I get your affiliate link to your host?
I wish my web site loaded up as fast as yours lol
My web page … Face Book Sex
I think this is among the most vital info for me.
And i am glad reading your article. But wanna remark on few general things, The website style is ideal, the articles is really excellent :
D. Good job, cheers
%%
Feel free to visit my web-site :: Private psychiatric assessment
free dark web blackweb
%%
Here is my web page – customer Login netsuite
I think other website owners should take this website as an example, very
clean and wonderful user genial style.
my page; Alcohol Detox
I love your writing style truly loving this web site.
My web blog … drug rehab
dark web links drug markets dark web
Hi! I just would like to give you a huge thumbs up for your excellent info you’ve got right here on this
post. I am returning to your website for more soon.
bookmarked!!, I really like your site!
Here is my website; alcohol inpatient Treatment near me
darknet drug market dark web search engines
dark websites tor markets 2023
dark web market list darknet marketplace
darknet search engine deep web drug markets
http://www.팀터틀랫.com/server/bbs/board.php?bo_table=free&wr_id=67965&sst=wr_datetime&sod=desc&sop=and&page=5
dark web search engine best darknet markets
darkmarket list darknet market
Est-ce que le Cialis est dangereux pour le cur tarif cialis
free dark web dark web sites
dark market link dark market link
dark web markets dark web search engines
canadian drug prices [url=https://cheapdr.top/#]best erection pills[/url] top rated ed pills
%%
Also visit my page … lovense sex machine
how to get on dark web tor darknet
I have recently started a website, the info you provide on this
site has helped me tremendously. Thank you for all of your time & work.
deep web search deep web drug markets
dark website dark net
darknet drugs dark website
darkmarket list darknet search engine
Hello. splendid job. I did not anticipate this.
This is a great story. Thanks!
Also visit my homepage: Addiction Treatment
Very quickly this site will be famous among all blogging viewers, due to it’s good posts
drug markets onion tor markets links
Currently it seems like Drupal is the best blogging platform available right now.
(from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?
What’s up mates, how is the whole thing,
and what you wish for to say on the topic of this paragraph,
in my view its actually remarkable for me.
deep web drug store dark web markets
darkmarket list drug markets onion
darkmarket url darknet markets 2023
dark websites darknet market lists
darknet market list darkweb marketplace
deep web drug url dark web search engines
https://donvard.ru/