Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
dark web search engines dark web markets
darkmarket 2023 dark internet
dark websites darknet sites
https://mexicanpharmacies.pro/# mexico drug stores pharmacies
northwest canadian pharmacy [url=http://canadapharmcertified.pro/#]canadian pharmacies compare[/url] canadian pharmacies that deliver to the us
darknet markets 2023 deep web markets
tor market darknet search engine
секс видео (khanalfarabi.com)
Hi there, after reading this amazing article i am as well delighted to share my familiarity here with friends.
I always emailed this webpage post page to all my associates,
as if like to read it then my links will too.
My web site … Olybet poker review
dark web market links dark web access
I read this piece of writing completely about the
difference of most recent and preceding technologies, it’s remarkable article.
dark web search engines dark net
dark market link darknet sites
bitcoin dark web tor markets
how to access dark web dark market list
darknet market lists dark markets
how to access dark web darknet drug links
dark web links tor market
My brother suggested I might like this blog. He was totally right.
This post truly made my day. You cann’t imagine just how much time I had spent for
this information! Thanks!
order sildenafil 50mg pills https://www.fildena.website/
We are a gaggle of volunteers and opening a brand new scheme in our
community. Your website provided us with helpful
information to work on. You have performed an impressive job and our
entire neighborhood shall be thankful to you.
Here is my web site best wellness center thailand
This is the best [url=https://onlinecasinocanada.website/]online casino canada[/url].
dark website dark markets 2023
canadian pharmacy: my canadian pharmacy rx – pharmacy in canada
At this time it appears like Movable Type is the top blogging platform
out there right now. (from what I’ve read) Is that what you are
using on your blog?
Look at my website dara Rehab Thailand
darknet drug links darknet seiten
dark markets 2023 tor market
http://indiameds.pro/# best india pharmacy
Nice article inspiring thanks. Hello Administ . 国产线播放免费人成视频播放
indian pharmacy paypal: online pharmacy india – indianpharmacy com
This is the best [url=http://onlinecasinocanada.press/]online casino canada[/url].
darknet drug store darkmarket 2023
darknet drug store dark markets 2023
tor markets links darknet drugs
tor darknet darknet links
tor markets 2023 dark market list
darknet drugs blackweb official website
I always emailed this blog post page to all my friends, because if like to read it
afterward my friends will too.
Hello, i think that i saw you visited my weblog so i came to ?return the favor?.I am attempting to find things to improve my site!I suppose its ok to use
some of your ideas!!
My homepage :: Uspackagingmanufacturers.Com
http://canadapharmcertified.pro/# best canadian pharmacy
dark web sites links darkmarket url
deep web links dark markets
black internet darkmarket url
dark web markets dark web sites links
http://indiameds.pro/# Online medicine order
When someone writes an piece of writing he/she
retains the thought of a user in his/her mind that how a user can know it.
Therefore that’s why this article is great. Thanks!
darknet drug links darknet drug links
darknet site dark web site
how to access dark web deep web markets