Pendahuluan
Pengembangan kemampuan staf medik sebagai clinical teacher merupakan salah satu area penting dalam pengembangan staf selain area pengembangan kemampuan penelitian dan evidence based practice dan pengembangan kepakaran dan keahlian sesuai bidang ilmu. Staf medik sebagai clinical teacher akan sangat berperan dalam menjadi panutan bagi para mahasiswa kedokteran dan residen selain menjadi narasumber dalam transfer pengetahuan dan keterampilan. Clinical teacher juga berperan sebagai mentor dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan profesionalisme mahasiswa dan residen dan sebagai supervisor yang membimbing dan mengarahkan mahasiswa dan residen dalam melatihkan kompetensi dalam situasi klinik yang sebenarnya dengan tetap menjaga keselamatan pasien (Bowen, 2006).
Pentingnya pengajaran dan supervisi sistematis terhadap seluruh bentuk pendidikan yang terjadi pada rumah sakit pendidikan kian menjadi perhatian. Hal ini terungkap jelas dalam kriteria dari salah satu badan akreditasi internasional untuk rumah sakit, Joint Commission International (JCI). Dalam JCI Accreditation for Hospitals tahun 2012 tercakup standar untuk Academic Medical Center Hospitals atau Rumah Sakit Pendidikan yang dikenal dengan istilah Medical Professional Education (MPE) Standards. Standar tersebut terdiri dari 7 poin utama yang menekankan peran rumah sakit dalam penyelenggaraan pendidikan. Ketujuh standar ini mengikat berbagai pihak, termasuk di dalamnya pihak pimpinan dan manajemen RS, dosen klinik, mahasiswa dan residen (JCI Accreditation for Hospitals, 2013).
Oleh karena itu, staf medis sebagai clinical teacher perlu memiliki kemampuan khusus untuk memanfaatkan kasus klinik yang tersedia untuk pembelajaran mahasiswa atau residen seoptimal mungkin dengan tetap memerhatikan kenyamanan dan keselamatan pasien. Kemampuan khusus ini perlu ditunjang dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar di setting klinik, mengenali karakteristik peserta didik, memberikan dukungan, menjadi panutan, memberikan umpan balik, memanfaatkan ‘teaching moments’ saat berada di berbagai setting pelayanan klinik, melakukan supervisi, observasi, asesmen terhadap pengetahuan, keterampilan dan perilaku mahasiswa dan residen di situasi praktik klinik yang sebenarnya.
Tujuan
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan konsep pengajaran pada tahap klinik dan penerapannya dalam program pendidikan dokter dan dokter spesialis .
2. Menjelaskan konsep clinical reasoning dan perannya dalam pembelajaran klinik.
3. Mendeskripsikan dan menerapkan teknik microskills.
4. Menerapkan cara pemberian umpan balik yang konstruktif.
5. Mendeskripsikan konsep dan tata cara pelaksanaan bedside teaching.
6. Mempraktekkan cara pengajaran keterampilan klinik atau keterampilan prosedural.
7. Menjelaskan prinsip asesmen di praktik klinik.
8. Menerapkan prinsip asesmen dalam penggunaan instrumen evaluasi workplace-based assessment (Mini-CEX, logbook, portfolio, dan 360° assessment).
9. Menjelaskan prinsip refleksi diri dan mampu menyusun refleksi diri sebagai clinical teacher.
Lingkup Bahasan
1. Deskripsi tentang pelatihan clinical teacher.
2. Prinsip pembelajaran praktik klinik (principles of clinical teaching).
3. Prinsip penalaran klinik (clinical reasoning).
4. Prinsip refleksi diri sebagai staf pengajar klinik (reflection on current teaching).
5. Microskills teaching.
6. Pemberian umpan balik yang konstruktif (giving constructive feedback).
7. Dinamika Kelompok.
8. Profesionalisme dan prinsip pemberian dukungan terhadap peserta didik bermasalah
9. Humanisme dan kompetensi budaya.
10. Pengajaran di bedside (bedside teaching).
11. Procedural skills tutorial.
12. Prinsip asesmen dan workplace-based assessment.
13. Mini-CEX & 360° assessment.
14. Logbook & Portfolio.
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
BATCH 3
Waktu: Senin – Kamis, 14-17 September 2015
Tempat: Ruang Kuliah Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba.
BATCH 4
Waktu: Senin – Kamis, 28 September – 1 Oktober 2015
Tempat: Ruang Senat Akademik Fakultas (SAF) Fakultas Kedokteran UI Salemba.
Evaluasi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang selama 40 jam. Peserta yang jumlah kehadirannya dalam pelatihan 100%, serta menyelesaikan tugas dalam bimbingan individual, berhak memperoleh sertifikat.
Pendaftaran
Bagi Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UI yang ingin mengikuti pelatihan CLINICAL TEACHER FKUI BATCH 3 dan BATCH 4 tahun 2015, dapat melakukan pendaftaran melalui tautan PENDAFTARAN dan mengunduh SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENJADI PESERTA lalu mengirimkannya melalui email ke sdmfkui@gmail.com.
Periode pendaftaran:
Batch 3 :
tanggal 18 – 31 Agustus 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Batch 4:
tanggal 1 – 18 September 2015 atau setelah kuota peserta sebanyak 40 orang terpenuhi.
Informasi Pelatihan
Sdri. Dessy (Sekretariat SDM FKUI, Tlp. 08561765753, email: sdmfkui@gmail.com)
ditulis oleh:
Humas FKUI
When someone writes an article he/she keeps the idea of
a user in his/her mind that how a user can know it. Thus that’s why this post is
great. Thanks!
Hello i am NatashaRoy Great article post, I really interesting the way you highlighted some important points. Thanks very much, I appreciate your post.
Hey there! This post couldn’t be written any better!
Reading through this post reminds me of my good old
room mate! He always kept chatting about this.
I will forward this page to him. Fairly certain he will have a good read.
Thanks for sharing!
you are in point of fact a excellent webmaster.
The website loading pace is incredible. It sort of feels that you are doing any unique trick.
Also, The contents are masterpiece. you’ve performed a wonderful process
on this topic!
It’s really a cool and useful piece of info. I am happy that you simply shared this useful info with us.
Please keep us up to date like this. Thank you for sharing.
my web blog Azure Virtual Machine
It’s in fact very complex in this busy life to listen news on TV, thus
I just use world wide web for that purpose, and take the hottest news.
Riley Sager is the New York Times bestselling author of eight novels, most recently THE ONLY ONE LEFT and THE HOUSE ACROSS THE LAKE. His first thriller, FINAL GIRLS, won pile em up raja botak the ITW Thriller Award for Best Hardcover Novel and has been published in more than thirty-five countries. His latest novel, MIDDLE OF THE NIGHT, will be published in June.
I loved as much as you’ll receive carried out right here.
The sketch is attractive, your authored subject matter stylish.
nonetheless, you command get got an shakiness over that you wish be delivering the
following. unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly very often inside case you shield this hike.
Hߋwɗy! Someone in myy Facebook gгoup shared this website with us soo I came to take
a look. I’m definitely lovijng the information. I’m boоkmarking and will be tweeting this to my followers!
Wonderfսl blog and brіlⅼіant Ԁesign.
Feel free to ᴠisit my page :: slope game
My brother ѕuggested I might like this web site. He was tߋtally right.
This post truly made my day. You can not imagine
just how much timе I had spеnt for this information! Thanks!
Feel free to surf to my web page: alprozolam Online
I think everything said was actually very reasonable.
But, what about this? suppose you composed a catchier post title?
I mean, I don’t wish to tell you how to run your website,
however suppose you added a title to maybe grab people’s attention?
I mean Pelatihan Clinical Teacher AHS-UI – Academic Health System University of Indonesia is a little
boring. You ought to peek at Yahoo’s home page and see how they
write article headlines to grab people to click. You might add a video or a related pic or two to grab readers excited about what you’ve written. Just my
opinion, it could bring your posts a little bit more interesting.
Greetings! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog platform are
you using for this site? I’m getting tired of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m looking at alternatives for another platform.
I would be great if you could point me in the direction of a good
platform.
It is in point of fact a great and useful piece of information. I
am satisfied that you shared this helpful information with us.
Please stay us informed like this. Thanks for sharing.
It’s amazing to go to see this web page and reading
the views of all friends concerning this paragraph, while
I am also keen of getting experience.
I’ve read several excellent stuff here. Definitely price bookmarking
for revisiting. I surprise how so much effort you place to create this sort of excellent informative website.